Logo Network
Network

Tradisi Gebyar Rebo Wekasan di Desa Jepang Digelar, Obati Rindu Masyarakat

Achmad Fakhrudin
.
Rabu, 14 September 2022 | 21:31 WIB
Tradisi Gebyar Rebo Wekasan di Desa Jepang Digelar, Obati Rindu Masyarakat
Opening ceremonial Gebyar Tradisi Rebo wekasan Desa Jepang 2022.

KUDUS, iNewsMuria.id - Tradisi Gebyar Rebo Wekasan di Desa Jepang Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus digelar. Pagelaran budaya yang rutin diadakan tiap bulan Shafar penanggalan Hijriah tersebut, tahun ini dimulai dari Senin, 12/9/2022 hingga berakhir pada 20/9/2022 mendatang.

Tahun ini, beragam kegiatan dilaksanakan oleh pihak Masjid Jami' Wali Al-Ma'mur, antara lain, bazar UMKM, pentas seni, khataman alquran, pengajian, kirab dan dipungkasi pengambilan air salamun.

Tradisi pengambilan air salamun saat Rebo Wekasan di Sumur Masjid Jami' Wali Al-Ma'mur Desa Jepang, diketahui oleh masyarakat ialah, warisan para pendahulu yang didahului oleh Sunan Kudus dan Arya Penangsang. 

Dikatakan Ketua Pokdarwis Desa Jepang, Budi Handayani, Rebo Wekasan menjadi pagelaran yang begitu dinanti oleh masyarakat Desa Jepang. "Tradisi Rebo Wekasan, menjadi tradisi penting bagi masyarakat Desa Jepang, yang kini telah dimodifikasi dengan berbagai kegiatan. Sebab, Jepang saat ini adalah salah satu desa wisata di Kabupaten Kudus. Dan ketika even tradisi tahunan ini berjalan, mereka berduyun-duyun datang dan meluangkan waktu tiap malam di komplek masjid," ucapnya.

Follow Berita iNews Muria di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.