get app
inews
Aa Read Next : 213 Guru Datangi DPRD Grobogan, Ternyata Ini Yang Ingin Mereka Sampaikan

Gelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, SMP Darun Najah Jepara Tingkatkan Kompetensi Guru

Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:00 WIB
header img
SMP Darun Najah Desa Srobyong Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara menjalin kerja sama dengan Magister Pendidikan Agama Islam Unissula Semarang.

JEPARA, iNews.id - Dalam rangka peningkatan kualitas guru, SMP Darun Najah Desa Srobyong Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara menjalin kerja sama dengan Magister Pendidikan Agama Islam Unissula Semarang. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan saat pelatihan di Hotel Sekuro Village Mlonggo Jepara, Kamis (30/6).

Pelatihan yang fokus pada implementasi kurikulum merdeka dan psikologi remaja ini merupakan wujud kegiatan pengabdian masyarakat dari para dosen Magister FAI Unisula Semarang. 

Kepala SMP Darun Najah Srobyong, Kuat Pujianto dalam kesempatan itu mengatakan kegiatan dapat meng-upgrade kapasitas para guru. "Supaya kami bisa memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal bagi para siswa," ungkapnya.

Dikemukakan, kegiatan merupakan awalan dari kerja sama yang bisa berlanjut dalam event lain sehingga bisa menunjang penguatan kelembagaan.

Hal senada disampaikan Pengurus Yayasan Darul Falah Srobyong, Abdullah Afif. Menurutnya, guru harus memiliki sejumlah kompetensi yang terus diasah sehingga benar-benar bisa menjadi guru teladan yang menjadi idola siswa.

Sementara itu salah satu narasumber Warsiyah dalam paparannya menyatakan bahwa guru tidak perlu alergi dengan perubahan kurikulum. 

"Perubahan kurikulum menjadi sebuah kebutuhan seiring dengan kebutuhan global, dan kontekstual," tandasnya.  

Prinsipnya, guru harus selalu belajar untuk meningkatkan kompetensinya. "Implementasi kurikulum merdeka menuntut guru harus tahu kebutuhan anak didiknya, tanpa itu perubahan yang diharapkan tidak akan bisa tercapai," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Muna Hadrah, selaku wakil pimpinan kampus. Adapun yang menjadi narasumber adalah Warsiyah dan Sudarto. Pelatihan diikuti 25 peserta dari MI dan SMP Darun Najah.

 

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut