Asteroit Kecil Menabarak Atmosfer, Kemudian Terbakar Habis

Dini Listiyani

JAKARTA, iNewsMuria - Seorang astronom, Krisztián Sárneczky melihat asteroid kecil hanya beberapa jam sebelum batu luar angkasa menabrak atmosfer Bumi. Hingga pada akhirnya, asteroid itu menemui ajalnya yang berapi-api.  Pada hari Jumat (11 Maret), astronom Krisztián Sárneczky mengamati langit di Stasiun Gunung Piszkésteto, yang merupakan bagian dari Observatorium Konkoly dekat Budapest di Hongaria. 

Selama pengamatannya, dia melihat sebuah asteroid, yang sekarang dijuluki 2022 EB5 oleh Minor Planet Center. Para ilmuwan memperkirakan batu ruang angkasa itu memiliki lebar sekitar 10 kaki (3 meter).  Tetapi penampakan itu menjadi jauh lebih menarik. Hanya 30 menit setelah penemuan, data menunjukkan batu ruang angkasa itu berjarak dua jam dari tabrakan dengan atmosfer Bumi.

"Ini adalah pengalaman mungkin sekali seumur hidup bagi seorang pemburu asteroid," kata Sárneczky kepada Space.com. Sárneczky telah secara teratur mencari asteroid dekat Bumi di Piszkésteto sejak Agustus 2020, katanya kepada Space.com.



Editor : Ade Achmad Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network