Satgas Pangan Polri Dukung Program Percepatan LTT Dari Kementan di Jawa Tengah

Arif Fajar
Satgas Pangan melakukan pengawasan ketersediaan beras di pasar guna ketahanan pangan di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. (dok Humas Polda Jateng)

SEMARANG,iNewsMuria,id – Ketua Satgas Pangan Polri Brigjen Pol Djoko Prihadi menyatakan siap mendukung program Kementerian Pertanian (Kementan) percepatan luas tambah tanam (LTT) di Jawa Tengah

Dukungan ini disampaikan saat Tim Satgas Pangan Polri menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) Padi, Jagung, dan Kedelai di Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, (11/9/2024).

Rapat diikuti oleh seluruh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kota di Jateng. Seusai rapat, Brigjen Djoko menegaskan pihaknya akan memberikan pengawalan program tersebut.

“Pengawalan mulai dari hulu hingga hilir guna mengantisipasi segala bentuk penyimpangan dalam pelaksanaan program tersebut. Mulai pengiriman benih, pemantauan pompanisasi, pemasangannya,” tegas Brigjen Pol Djoko Prihadi.

Satgas Pangan Polri lanjut Brigjen Pol Djoko, akan melakukan berbagai langkah pengawalan dan pemantauan mulai dari preemptif dalam bentuk sosialisai, preventif hingga represif dalam bentuk penegakkan hukum. 

Sementara Direktur Jenderal Tanaman Pangan (Dirjen TP) Kementerian Pertanian Yudi Susilo dalam kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa capaian luas tanam pangan saat ini masih jauh dari target nasional. 

"Target tanam padi per bulan nasional adalah 1 juta hektare, namun hingga 10 September 2024, realisasi baru mencapai 238.000 hektare. Khusus di Jawa Tengah, dari target 100.000 hektare panen padi, bulan Agustus hanya tercapai 65.000 hektare akibat musim kemarau," ujar Yudi.

Meski menghadapi berbagai tantangan, Kementan bersama Satgas Pangan dan seluruh stakeholder terkait akan terus berupaya mencapai target yang ditetapkan guna menjaga ketersediaan pangan, khususnya beras

"Kita akan olah segera yang masih ada potensi air, kita kejar tanam. Syukur-syukur ini musim hujan bergeser lebih cepat," tegasnya.

Sedangkan Dirreskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagio, yang juga menjabat sebagai Kasatgas Pangan Polda Jateng, pada Kamis (12/9/2024) di Mapolda Jateng menyampaikan pihaknya akan memastikan program LTT berjalan sesuai dengan rencana. 

Dengan sinergi yang kuat antara Satgas Pangan Polri dan Kementerian Pertanian, dirinya berharap program percepatan LTT dapat segera terealisasi dan membantu menjaga stabilitas pangan di Indonesia khususnya Provinsi Jateng.

“Satgas Pangan Polda Jateng akan mengawal program ini, mulai dari sosialisasi kepada petani hingga pengawasan intensif di lapangan. Kami juga akan mengambil tindakan tegas apabila ditemukan pelanggaran,” tambahnya. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network