Jelang Pilkada 2024, Polres Grobogan Gelar Pelatihan Pra Operasi Mantap Praja Candi

Arif Fajar
Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan memberikan arahan dalam pelatihan Pra Operasi Mantap Praja Candi. (dok Humas Polres Grobogan)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Polres Grobogan mempersiapkan personel dengan menggelar latihan Pra Operasi Mantap Praja Candi tahun 2024-2025.

Kegiatan yang diikuti seluruh Pejabat Utama (PJU) Polres Grobogan dan Kapolsek Jajaran tersebut digelar di  hotel Grand Master, Purwodadi, Grobogan pada Kamis 15 Agustus 2024

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan dalam arahannya mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dalam rangka mewujudkan Pilkada serentak tahun 2024 yang aman dan damai.

“Untuk itu, agar operasi mampu mencapai target dan sasaran yang diharapkan, maka perlu dilakukan pembekalan dalam bentuk pelatihan,” jelas Kapolres Grobogan. 

Dengan digelarnya pelatihan Pra Ops Mantap Praja Candi ini, lanjutnya, para dapat mengetahui target operasi dan sasarannya serta dapat menguasai cara bertindak sesuai dengan rencana operasi yang ada.

Tak hanya itu, AKBP Dedy Anung Kurniawan juga menyampaikan penekanan Kapolda Jateng Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo, bahwa dinamika global akan mempengaruhi situasi wilayah di Polda Jateng. 

Selain dinamika global, adanya potensi aksi kampanye hitam, politik uang, disinformasi, dan ancaman polarisasi politik dapat memicu konflik di masyarakat.

"Kerawanan ini harus kita antisipasi bersama. Polarisasi yang dipicu oleh propaganda, hoaks, dan politik identitas dapat mengancam persatuan bangsa," ujar AKBP Dedy Anung Kurniawan. 

Sebagai upaya meredam potensi tersebut, Kapolres Grobogan pun menekankan pentingnya sinergitas antara TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat melalui pendekatan yang humanis dan persuasif. 

AKBP Dedy Anung Kurniawan juga menekankan pentingnya manajemen sosial, manajemen media, dan manajemen kemitraan sebagai bagian dari strategi komunikasi publik dalam pencegahan krisis. 

"Komunikasi publik yang baik adalah kunci untuk menjaga ketenangan dan kepercayaan masyarakat. Kita harus optimalkan amplifikasi konten positif yang dapat membangun partisipasi masyarakat dalam mengantisipasi konflik," pungkas Kapolres Grobogan. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network