Bawaslu Grobogan Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024 Lewat Sistem Existing, Apa Itu

Arif Fajar
Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti mengawasi rekrutmen anggota Panwascam untuk Pilkada 2024 dengan sistem existing. (Istimewa)

GROBOGAN, iNewsMuria.id – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Grobogan mulai melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan atau Panwascam untuk Pilkada 2024.

Ada dua cara yang ditempuh oleh Bawaslu Grobogan dalam rekrutmen Panwascam untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan pada November 2024. Yakni sistem existing dan pendaftaran baru.

Lantas apa itu existing, menurut Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti, sistem existing adalah evaluasi kinerja bagi Panwascam terdahulu yang saat ini telah dan atau sedang melaksanakan pengawasan pemilu 2024.

Bawaslu telah melaksanakan sistem existing atau evaluasi Panwaslu Kecamatan, Minggu (27/4/2024) yang dilaksanakan di SMK N 1 Purwodadi. Evaluasi dilaksanakan secara online dengan sistem komputerisasi. 

Sebenarnya, lanjut Fitri ada 49 Panwascam yang dinyatakan lolos administrasi untuk mengikuti evaluasi atau sistem existing terkait rekrutmen untuk Pilkada 2024. 

“Namun hanya 47 Panwascam yang mengikuti evaluasi. Total kebutuhan 57 Panwascam untuk 19 kecamatan di Grobogan,” jelas Fitri, Senin (29/4/2024). 

Peserta evaluasi ini dibagi dalam dua ruangan tes online. Mereka harus menjawab sejumlah pertanyaan dalam waktu 90 menit. 

"Mereka mengisi beberapa pertanyaan terkait tugas Panwascam yang telah disediakan melalui Google Form. Dari situ nanti kita akan mengetahui penilaian masing-masing peserta," tambahnya. 

Hasil rekrutmen sistem existing dari 47 Panwascam yang mengikuti evaluasi akan diumumkan tanggal 1-2 Mei 2024. Nantinya akan diketahui berapa yang tidak lolos dan berapa kekurangan Panwascam.

“Untuk mengisi posisi Panwaslu kecamatan yang tidak lolos, nanti akan dibuka rekrutmen untuk pendaftar baru pada tanggal 3-4 Mei 2024,” kata Ketua Bawaslu Grobogan Fitri. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network