Atasi Demam hingga Penyakit Kronis, ini 5 Manfaat Daun Bidara yang Perlu Diketahui

Hadi Widodo
Daun Bidara

2. Antidepresan Alami

Khasiat daun bidara lainnya, yakni bisa dijadikan obat antidepresan alami. Hal ini karena daun bidara mengandung alkaloid dan plavanoid.

Kedua kandungan tersebut mampu menghambat degradasi neurotransmiter syaraf pusat seperti serotonin dan katekolamin. Pada otak, efeknya dapat menimbulkan potensi stimulasi susunan saraf pusat serta menghambat terjadinya depresi.

3. Kaya Antioksidan

Berdasarkan penelitian, daun bidara merupakan bahan alami yang kaya akan antioksidan berkat kandungan plavanoid di dalamnya.

Plavanoid merupakan senyawa pereduksi yang dapat menghambat reaksi oksidasi dengan cara mentransfer senyawa elektrelektron pada senyawa radikal bebas. Jadi, senyawa radikal bebas menjadi lebih stabil dan tidak terjadi reaksi oksidasi.

Plavanoid merupakan senyawa pereduksi yang dapat menghambat reaksi oksidasi dengan cara mentransfer senyawa elektron pada senyawa radikal bebas. Jadi, senyawa radikal bebas menjadi lebih stabil dan tidak terjadi reaksi oksidasi. Dengan demikian, tubuh pun akan mendapatkan perlindungan dari serangan berbagai penyakit.

Bahkan, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Repository Universitas Jember menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan daun bidara lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C.

Editor : Achmad Fakhrudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network