Atasi Demam hingga Penyakit Kronis, ini 5 Manfaat Daun Bidara yang Perlu Diketahui

Hadi Widodo
Daun Bidara

iNews.id - Daun Bidara memiliki kandungan senyawa kimia, Oleh karenanya, daun bidara sendiri memiliki segudang khasiat dan menjadi solusi kesehatan bagi para penderita penyakit kronis.

Caranya cukup mudah, hanya dengan meminum air rebusan daun bidara secara rutin sebelum tidur dan sebelum sarapan pagi. 

Tumbuhan Bidara atau yang memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana merupakan jenis tumbuhan yang memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Habitatnya, biasanya dapat kita jumpai di daerah kering. Pohon bidara biasanya tumbuh sekitar 6-15 meter dengan ranting dan cabang yang diserati duri. Tetapi daun bidara memiliki permukaan halus.

Kandungan Tanaman Bidara, Mengutip dari penelitian Divisi Ilmu Kedokteran Maulana Siregar mengandung komposisi kimiawi baik yang sangat berguna bagi kesehatan,  antara lain, protein, asam amino, flavonoid, alkaloid, glikosida, terpenoid, saponin, serat, tanin, dan senyawa fenolik. 

Melansir dari jurnal Tropical Journal of Pharmaceutical Research, daun bidara memiliki sifat anti-diabetes, antiinflamasi, anti-plasmodial, dan antimikroba, serta hemolitik, obat penenang, anxiolytic, sifat diuretik, analgesik, dan antioksidan. Berbagai sifat inilah yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia seperti:

1. Mencegah Kanker

Daun bidara juga memiliki sifat antikanker yang bisa melindungi tubuh dari penyakit berbahaya ini.

Menurut jurnal Pandu Husada, penelitian terhadap fraksi nheksana dan etanol daun bidara ditemukan adanya senyawa alkaloid, saponin, triterpenoid dan steroid yang memiliki efek sitotoksik sebagai antikanker.

Diketahui bahwa senyawa-senyawa tersebut menghasilkan senyawa reduksi yang dikenal dengan nama kuersetin. Kuersetin yang tergolong antioksidan ini memiliki aktivitas terhadap reseptor proto-onkogen proteintirosin kinase dan uridin 5-monofosfat sintase. Kandungan tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Editor : Achmad Fakhrudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network