Mantan Pengamen Sukses Bisnis Skincare, Omzetnya Capai Rp 1 Miliar per Bulan, Simak Kisahnya!

Athika Rahma
Andika Ramadhan, mantan pengamen yang setiap bulan memiliki omzet Rp 1 miliar per bulan dari hasil jual kosmetik

JAKARTA, iNews.id   - Andika Ramadhan Febriansah merupakan mantan pengamen yang sukses dengan bisnis skincare yang meraup omzet Rp 1 miliar per bulan. Meskipun di awal, pria ini tak memiliki modal, namun bukan menjadi halangan.

Pria berusia 28 tahun itu menjadi wirausaha untuk mengubah nasib. Dia mengaku pernah menjalani kehidupan sebagai seorang pengamen dan penjual makanan ringan, "Saya pernah jualan peyek, jual kacang saat SMA. Saya pernah mengamen juga," ungkap Andika dikutip dalam tayangan di YouTube Coach Yudi Candra,  Minggu (30/1/2022).

Saat berusia 3 tahun, orang tuanya telah cerai, namun bukan menjadi rintangan bagi Andika. Sejak SMA, dia telah memulai usaha bersama ayah tiri yang membesarkannya.

"Karena memang pas sekolah di saat banyak anak dapat ongkos dari orang tuanya, saya justru berbalik. Orang tua tak punya cukup uang untuk saya, di situlah saya mulai jualan," ucapnya.

Dari jualan dan uang mengamen itulah dia gunakan sebagai modal untuk membeli barang agar dapat diolah menjadi produk yang bisa dijual.

Baginya, uang receh dari hasil mengamen begitu berarti untuk menambah dagangan miliknya saat itu.

"Walaupun belinya saat itu cuma seharga Rp10.000 sampai Rp20.000, bagi saya yang bukan dari keluarga mapan, uang segitu saya enggak punya. Sekalinya ada, yang saya dapatkan dari mengamen, langsung saya gunakan buat jualan. Diputer lagi," kata dia.

Seiring berjalannya waktu, Andika terus menggeluti aneka bisnis apa pun demi pundi rupiah masuk ke kantong. Berbekal jejaring yang dimiliki, dia perlahan membangun bisnis skincare untuk pria dengan nama Clorismen. 

 

 

Editor : Achmad Fakhrudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network