Enam Rumah di Gubug Grobogan Terbakar, Kerugian Hampir Setengah Miliar Rupiah

Arif F
Kebakaran rumah terjadi di Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, Grobogan, Sabtu (28/10/2023). Enam rumah ludes terbakar dalam kejadian tersebut. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Kebakaran meludeskan enam rumah milik warga di Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Sabtu (28/10/2023). Kerugian akibat kejadian itu mencapai Rp465 juta.

“Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik dari salah satu rumah korban. Tidak ada korban jiwa maupun luka. Total kerugian sekira Rp465 juta,” jelas Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Kronologi kebakaran enam rumah tersebut, lanjut Kapolres Grobogan, berawal ketika saksi Bahrun (31) bersama Farkhan (45) melihat titik api di dapur rumah milik Mabeni (75). Saksi kemudian berteriak kebakaran.

Selanjutnya saksi Farkhan mengevakuasi Mabeni dan istrinya yang dalam kondisi sakit keluar rumahnya. Namun, tambah Kapolres, tiupan angin yang cukup kencang membuat api di dapur dengan cepat membesar.

Bahkan tak hanya membakar rumah Mabeni, api kemudian merembet membakar rumah warga lainnya yang berdekatan dengan rumah korban. Setidaknya ada lima rumah lainnya yang ikut terbakar.

Kebakaran rumah pukul 12.30 WIB tersebut milik Bahrun dan juga gabah seberat 2 kuintal serta uang tunai Rp10 juta yang disimpan di rumah ukuran 6 meter x 12 meter ikut terbakar. Total kerugian sekitar Rp20 juta.

Kemudian tiga rumah milik Saeful Arif ketiganya berukuran 8 meter x 10 meter, kayu dagangan berupa usuk dan reng di dalam rumah juga ikut terbakar. Akibat kejadian ini Saeful menderit kerugian Rp320 juta.

Sedangkan satu rumah lagi yang terbakar, sambung Kapolres Grobogan adalah milik Nuraini berukuran 9 meter x 10 meter, lantai kayu trompo. Kejadian ini mengakibatkan korban rugi Rp100 juta.

Petugas damkar dibantu anggota Polsek Gubug, TNI dan masyarakat berhasil memadamkan api dalam kurun waktu sekitar 1 jam kemudian. Berdasarkan olah TKP, penyebab kebakaran diduga korsleting listrik di rumah Mabeni.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada kebakaran akibat korsleting listrik. Cek kembali seluruh instalasi listrik, jika ada kabel rusak atau aus segera diganti yang sesuai standar. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network