Arab Saudi Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2027, Ini Sederet Fakta Menarik di Baliknya

Klasik Herlambang
Suporter Arab Saudi saat menyaksikan timnya berlaga di Piala Dunia 2022. Foto: Ist

BAHRAIN, iNewsMuria.id - Dalam kongres Asian Football Confederation (AFC) ke-33 yang digelar di Bahrain pada Rabu 1 Februari 2023, diputuskan bahwa Federasi Sepak Bola Arab Saudi (Saudi Arabian Football Federation/SAFF) sebagai tuan rumah Piala Asia AFC 2027.

Dengan ditunjuknya Arab Saudi sebagai tuan rumah, hal ini menandai kali pertama ajang sepak bola tersebut akan digelar di negara tersebut.

Yang menarik, meski baru pertama ditunjuk sebagai tuan rumah, timnas Arab Saudi telah menjuarai turnamen ini sebanyak 3 kali, yakni tahun 1984, 1988 dan 1996.

"Ini akan menjadi kali pertama turnamen ini digelar di Arab Saudi, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan SAFF dan pemerintah Arab Saudi untuk menyuguhkan Piala Asia AFC yang tidak terlupakan kepada para penggemar dan pemain kami pada tahun 2027," kata Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

Serangkaian diskusi dan penunjukan dilakukan dalam Kongres AFC ke-33, dengan Shaikh Salman kembali terpilih sebagai presiden badan sepak bola Asia untuk ketiga kalinya dengan masa jabatan empat tahun hingga 2027. Dia mulai menjabat sebagai ketua AFC ke-10 pada 2013.

"Sekali lagi saya ingin berterima kasih kepada semua pihak atas dukungannya yang luar biasa untuk pencalonan saya sebagai pemimpin sepak bola Asia selama empat tahun mendatang," kata Shaikh Salman.

"Sembari menatap masa depan, izinkan saya meyakinkan Anda bahwa AFC akan terus menempatkan pengembangan Asosiasi Anggota dan Asosiasi Regional kami sebagai inti dari semua upaya kami," pungkasnya. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network