Banyak Beasiswa Disediakan Unisri Bagi Calon Mahasiswa Baru, Berikut Cara Mendaftar

Langgeng Widodo
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Unisri Surakarta Prof Dr Sutoyo memberi penjelasan pada wartawan, Jumat (30/12/2022).

SOLO,iNewsMuria.id-Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru mulai 2 Januari 2023.

Unisri mentargetkan 3.000 pendaftar dalam pendaftaran yang dibuka hingga 31 Agustus 2023 tersebut. Dari 3.000 pendaftar itu, setidaknya ditargetkan 2.000 calon mahasiawa baru yang diterima dan kuliah di Unisri. Sebagai perbandingan, tahun ini ada 2.7000 pendaftar, tapi yang diterima 1.761 mahasiswa baru.

Pendaftaran di Unisri dibagi tiga gelombang. Gelombang dini dibuka 2 Januari hingga 22 April, gelombang I mulai pada 24 April hingga 22 Juli dan gelombang II mulai 23 Juli hingga 31 Agustus 2023.

"Target kami 3.000 pendaftar, dan yang registrasi ditarget 2.000 mahasiswa baru," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Unisri Surakarta Prof Dr Sutoyo ketika memberi penjelasan pada wartawan, Jumat (30/12/2022).

Banyak kiat yang dilakukan untuk mencapai target tersebut, diantaranya beasiswa. Beasiswa Unisri yang disediakan bagi para calon mahasiswa baru ada berbagai macam. 

Di antaranya beasiswa KIP-Kuliah, beasiswa berprestasi, beasiswa Peningkatan Presatasi Akademik (PPA), Beasiswa Pendidikan Masyarakat Kurang Mampu (BPMKM), beasiswa afirmasi, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa olahraga dan seni, beasiswa YTP Slamet Riyadi dan beasiswa BUMN atau perusahaan swasta nasional.

"Beasiswa afirmasi itu jatah dari pemerintah dan Unisri selalu mendapatkan alokasi. Berapa kuotanya, kita masih menunggu," kata Prof Sutoyo.

"Untuk beasiswa BPMKM itu dari lembaga. Untuk beasiswa KIP banyak peminatnya, tahun kemarin yang daftar 906 yang diterima 204 siswa. Selain kuliah gratis, mereka juga dapat uang saku senilai Rp 900.000 per bulan selama 8 semester," imbuhnya.

Berikut cara mendaftar di UNISRI :

1. Mengisi formulir pendaftaran atau mendaftar online melalui laman spmb.unisri.ac.id.
2. Membayar biaya pendaftaran senilai Rp 300.000 melalui virtual account.
3. Scan raport asli semester 4 dan 5 (bagi yang belum lulus) dan scan ijazah asli bagi yang sudah lulus.
4. Scan foto 3x4 background merah atau biru.
5. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lainnya.

Selain mengisi formulir secara online, pendaftar bisa mendaftar langsung ke kampus Unisri.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network