Terpilih Jadi Ketua Umum HIPMI, Akbar Himawan Buchari : Anak HIPMI Harus Bisa Jadi Menteri

Langgeng Widodo
Akbar Himawan Buchari menyampaikan sambutan usai terpilih sebagai Ketua Umum BPP HIPMI periode 2022-2025, dalam Munas ke 48 HIPMI di Solo, Rabu (23/1/2022.(Istimewa)

MURIA.iNews.id-Akbar Himawan Buchari terpilih sebagai Ketua Umum BPP HIPMI periode 2022-2025, Rabu (23/11/2022) malam.

Dalam pemungutan suara (voting) putaran kedua atau final, Akbar Himawan Buchari yang memperoleh 96 suara, mengalahkan rivalnya, Bagas Adhadirgha yang memperoleh 68 suara.

Padahali putaran pertama, Akbar Himawan Buchari (AHB) hanya memperoleh 57 suara dan Bagas Adhadirgha memperoleh 71 suara, sedang kandidat lainnya, Anggawira memperoleh 41 suara.

Voting pemilihan ketua dalam Musyawarah Nasional / Munas ke 48 HIPMI di Kota Solo terpaksa dilakukan dua kali karena pada putaran pertama tidak ada kandidat ketua yang mendapatkan suara minimal 50%+1 atau 85 suara.

Munas ke 48 sempat ricuh bahkan cenderung brutal. Usai dibuka Presiden Jokowi Widodo, para peserta munas sempat adu jotos dan berkelahi, Senin (21/11/2022) malam. Video perkelahian itu sempat viral, dan beredar ke media sosial.

Saat pemilihan digelar, Rabu (23/11/2022) sore, di luar venue sempat terdengar teriakan para pendukung calon ketua umum. Bahkan sempat terjadi aksi dorong dengan petugas di pintu karena mereka memaksa masuk arena.

Lantaran tidak ingin keributan terulang, pengamanan ditingkatkan. Penjagaan oleh aparat dari Polresta Surakarta, Brimob Polda Jateng dan TNI hingga ke ballroom hotel, tempat penyelenggaraan munas.

"Menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari, sebagai Ketua Umum BPP Hipmi periode 2022-2025," kata Pimpinan Sidang Pemilihan Ketua Umum HIPMI.

Sementara itu dalam pidato usai ditetapkan sebagai ketua umum, Akbar Himawan Buchari bersyukur atas kemenangannya. Ia mengatakan, yang ada dalam Munas HIPMI tersebut adalah pembelajaran jadi pemimpin nasional.

"Kedepan kita berharap kader HIPMI di kanan dan kiri saya, beliau bisa menjadi menteri seperti bang Bahlil Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadali," kata AHB yang sempat menenangkan pendukungnya.

Dalam kesempatan itu, mantan wakil ketua BPP HIPMI periode 2019-2022 itu mengaku mewakafkan diri dan mengabdikan diri untuk HIPMI. "Kami mohon kerjasama di atas kepentingan apapun di HIPMI," kata AHB yang juga pengusaha properti dan logistik serta anggota DPRD Sumatera Utara itu.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network