Raih Pilihan Konsumen di Marketplace, Transaksi Digital Sederet Merek Unggulan Melonjak Drastis

JAKARTA, iNewsmuria - Brand Choice Award 2025 kembali digelar sebagai bentuk apresiasi bergengsi kepada merek-merek yang berhasil menjadi pilihan utama konsumen di platform marketplace. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Infobrand, menanggapi tingginya antusiasme dari para brand peraih penghargaan sebelumnya. Tahun ini, Award Ceremony diselenggarakan bersamaan dengan INFOBRAND FORUM 2025 di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, pada Kamis, 26 Juni 2025.
Susilowati Ningsih, CEO Infobrand, mengungkapkan bahwa Awarding Ceremony Brand Choice Award 2025 pertama telah diselenggarakan pada bulan Mei 2025. Mengingat minat tinggi dari brand yang ingin meraih penghargaan ini, Brand Choice Award 2025 kembali dihadirkan pada bulan Juni.
Susi menjelaskan, Brand Choice Award bertujuan memberikan apresiasi kepada brand-brand yang sukses di marketplace Indonesia. Penghargaan ini juga diharapkan dapat menambah kepercayaan konsumen dalam memilih produk dan mendorong perusahaan untuk semakin mengoptimalkan saluran penjualan digital.
“Brand Choice Award 2025 merupakan penyelenggaraan ke-15 kalinya, menjadi bukti telah diterimanya penghargaan ini. Penghargaan ini memberikan nilai tersendiri dan membuktikan bahwa sebuah brand adalah pilihan di marketplace," ujar Susi, Senin (30/6/2025).
Untuk menentukan peraih Brand Choice Award 2025, Infobrand bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia dalam melakukan riset dan penilaian. Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menjelaskan bahwa riset dan penilaian Brand Choice Index dilakukan pada Januari-Maret 2025 terhadap 350 kategori produk dengan lebih dari 2.500 brand yang diteliti. Riset ini menggunakan pendekatan desk research dengan mengacu pada tiga aspek penilaian: Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect.
Lebih lanjut, Tri Raharjo menjelaskan bahwa dari riset Brand Choice Index 2025, di dua marketplace teratas tercatat akumulasi transaksi mencapai 531,73 juta, melesat 144,32% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 217,63 juta transaksi. Sementara itu, jumlah ulasan yang terekam mencapai 205,72 juta, tumbuh 72,14% dari 119,50 juta ulasan pada tahun sebelumnya.
Sepuluh kategori dengan transaksi terbanyak didominasi oleh produk kecantikan dan perawatan diri, seperti Moisturizer, Sheet Mask, Face Serum, Facial Wash, dan Bedak Wajah. Dalam Awarding Ceremony Mei 2025, 27 brand telah menerima penghargaan, termasuk SFIDN FITS, AMILS, dan Finega untuk Cuka Apel.
“Dan untuk peraih Brand Choice Award 2025 kali ini ada Brand Hansaplast untuk kategori Plester Luka dan Simba untuk kategori Cereal," ujar Tri Raharjo.
"Saya ucapkan selamat kepada brand-brand peraih, semoga penghargaan ini dapat memotivasi brand-brand di Indonesia untuk meningkatkan aktivitas di ranah digital terutama marketplace," demikian Tri.
Editor : Arif F