get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, Bacabup Grobogan Bambang Pujiyanto Sebut Bacawabup Mengerucut Dua Orang

5 Fakta Menarik Tentang Kayu Kaukah, dari Bahan Dasar Kapal Nabi Nuh Hingga Mengkilap yang Khas

Sabtu, 19 Maret 2022 | 06:10 WIB
header img
Meskipun manfaat atau sejarahnya kurang begitu jelas, berikut kami rangkum beberapa fakta menarik tentang Kayu atau Buah Kokka. (Foto: Istimewa)

BANYAK sumber yang mengatakan bahwa kapal Nabi Nuh terbuat dari kayu Kaukah atau Kokka. Meskipun belum diketahui lebih lanjut tentang informasi tersebut, sebagian orang yang memakai olahan kayu atau buah pohon kokka, akan sepakat dengan pendapat itu.

Tidak sedikit pula yang dengan jelas menjelaskan tentang manfaat dari kayu yang dipakai semakin tahun semakin hitam legam ini. Beberapa orang tinggal menyerahkan kepada kepercayaannya masing-masing. Sisanya, hanya sebagai pemuas belaka dan tidak terlalu mempercayai berita simpang siur tersebut.

Meskipun manfaat atau sejarahnya kurang begitu jelas, berikut kami rangkum beberapa fakta menarik tentang Kayu atau Buah Kokka yang dipasarkan di Indonesia. Kami rangkum sesuai sumber-sumber yang kami himpun sendiri;

Berikut 5 Fakta Menarik tentang pohon atau buah Kokka;

  1. Tenggelam bila jatuh ke air

Kayu atau buah Kokka akan tenggelam bila dimasukkan ke air meskipun sudah di keringkan. Berbeda jika kebanyakan kayu jika sudah kering maka akan mengapung. Ini disebabkan berat beban kayu Kokka lebih berat dari air.

  1. Semakin lama semakin hitam legam

Kokkah tidak selalu berwarna coklat atau hitam, beberapa sumber juga mengatakan kalau Kayu kokkah ada yang berwarna putih dan sedikit coklat. Warna Kokkah ditentukan lamanya kayu tersebut di simpan. Semakin lama kayu tersebut dipakai atau disimpan, maka akan semakin hitam legam.

  1. Berdaun jarang dan menggelembung

Pohon Kokkah berbentuk seperti buah ketela. Pada batang utama menggembung dan pada cabang-cabang paling atas saja. Paling atas, kemudian bercabang-cabang dengan sedikit daun yang tumbuh.  

  1. Dijual dalam bentuk aksesoris

Indonesia dengan banyaknya kaum muslimin ternyata menjadi pasar yang paling banyak memakai aksesoris dari pohon Kokkah. Hal tersebut didasari dari cerita-cerita bahwa Nabi Muhammad pernah menggunakan tasbih dari kayu Kokkah.

  1. Mengeluarkan bunyi yang khas

Jika kalian membeli atau memakai aksesoris dari Kokkah dan mencoba membenturkan satu Kokkah dengan yang lain. Atau paling tidak menjatuhkan cincin ke lantai, pasti bunyinya unik. Sedikit agak nyaring namun tidak senyaring logam. Tentunya hal yang sedikit membedakan dengan kayu yang lain.

Inilah beberapa fakta unik yang bisa dipelajari dari kayu Kokkah yang semakin hari semakin banyak yang mengambil manfaatnya.

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut