get app
inews
Aa
Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Wow! Ada Jenis Semut yang Bisa Deteksi Sel Kanker, Kenali Jenis Semut Itu

Senin, 14 Maret 2022 | 16:03 WIB
header img
Inilah jenis semut yang bisa mendeteksi sel kanker

PARIS, iNewsMuria - Riset yang dilakukan oleh para ilmuwan di Pusat Penelitian Ilmiah Prancis menemukan bahwa semut memiliki kemampuan untuk mengendus sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Seperti dilansir dari Daily Mail, para ahli menyimpulkan bahwa semut dari spesies Formica fusca dapat digunakan selama tes diagnosis kanker di masa depan.

Serangga tersebut ditemukan mampu membedakan sel kanker dari sel manusia yang sehat melalui indra penciumannya. Namun, para ahli mengatakan, lebih banyak uji klinis harus dilakukan sebelum metode tersebut dapat digunakan di rumah sakit.

Peneliti memprediksi semut bisa lebih baik daripada anjing dalam menemukan sel kanker manusia di masa depan. Untuk melakukan percobaan, para ilmuwan menggunakan 36 semut di laboratorium. Langkah pertama, semut terpapar bau sampel sel kanker manusia. Langkah kedua, peneliti akan membiarkan semut dengan dua bau yang berbeda.

“Bau pertama diuji dengan bau baru, dan bau kedua dengan sel kanker. "Setelah tes berhasil, peneliti akan mengekspos semut ke sel kanker yang berbeda," katanya. Sebagai hasil penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa semut dapat membedakan antara sel kanker dan sel sehat serta antara dua garis kanker yang diuji.

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut