get app
inews
Aa Read Next : Brand Indonesia Excellence Award 2024 Sukses Digelar, Apresiasi Brand Lokal Unggulan

Tingkatkan Daya Saing Brand Lokal Lewat Program Pengembangan Brand Indonesia

Selasa, 27 Agustus 2024 | 21:13 WIB
header img
Produk dalam negeri atau brand lokal merupakan cerminan dari kreativitas, inovasi, dan kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia sehingga harus mampu bersaing.

JAKARTA, iNewsMuriaProduk dalam negeri harus siap menghadapi arus globalisasi yang begitu kencang sehingga bisa menjadi tuan rumah di negeri. Produk dalam negeri atau brand lokal merupakan cerminan dari kreativitas, inovasi, dan kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia sehingga harus mampu bersaing.

Menghadapi tantangan itu, brand lokal harus mampu bertahan dan bersaing di pasaran dengan kepercayaan diri dan kekuatan yang memadai. hal ini melibatkan berbagai aspek, mulai dari pengembangan produk yang berkualitas tinggi, manajemen brand yang efektif, hingga strategi pemasaran yang inovatif. Brand lokal yang kuat tidak hanya berkontribusi pada perekonomian Indonesia, tetapi juga membuat pengalaman konsumen dengan produk dan layanan yang unik dan menarik.

Terkait hal itu, Infobrand.id bersama Indonesia Brand Community (IBC) menggelar Program Pengembangan Brand Indonesia (PPBI), sebuah inisiatif strategis yang bertujuan untuk meningkatkan citra dan daya saing brand-brand lokal Indonesia.

Program ini merupakan bagian dari upaya menciptakan nilai bersama yang tidak hanya memberikan dampak sosial terhadap pengembangan brand di Indonesia namun juga manfaat signifikan bagi perusahaan, serta dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan brand Indonesia melalui serangkaian kegiatan, termasuk edukasi, publikasi, komunitas, pameran, penghargaan dan summit.

“Program ini ditujukan khusus untuk pelaku brand lokal Indonesia, dengan fokus utama pada peningkatan citra dan daya saing di pasar Indonesia,” kata Tri Raharjo, Chairman Indonesia Brand Community (IBC),  dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Lewat program ini, diharapkan brand lokal Indonesia dapat tumbuh dan berkembang, utamanya di pasar dalam negeri. Program menghadirkan beragam kegiatan untuk menjadikan brand Indonesia yang unggul.

“Seperti webinar, pelatihan, business matching, penghargaan dan konferensi brand yang dirancang untuk memperkuat pengetahuan dan kemampuan brand Indonesia,” ujarnya.

Selain webinar dan sesi pelatihan intensif yang mencakup manajemen produk, brand, dan pelanggan. Ada pula kegiatan Indonesia Business Opportunity Online Show (IBOS), yang merupakan platform untuk mempertemukan brand-brand Indonesia dengan calon mitra. Kegiatan temu bisnis atau bisnis matching ini, untuk memperluas jaringan dan peluang pasar brand-brand lokal di Indonesia.

Selain itu, program ini juga diisi dengan kegiatan tahunan brand summit atau konferensi tahunan yang membahas tren terbaru dan menghadirkan brand-brand sukses sebagai pembicara, kemudian ada penghargaan Brand Indonesia Excellence Award, yang merupakan penghargaan untuk brand-brand Indonesia yang berhasil dalam membangun popularitas, keterpelihan dan kepuasan pelanggan.

Pada September mendatang program PPBI mengagendakan kegiatan webinar Brand Indonesia Scale Up Class (BISC) dengan tema: “Scale Up Your Business, 5 Langkah Membangun Brand dari Kecil Menjadi Besar Melalui Kemitraan” Dalam webinar ini akan dibahas: Mengembangkan bisnis melalui kemitraan, Membuat Bisnis Model, Membangun Brand, Memasarkan Peluang Bisnis, dan Perjanjian Kemitraan. Kegiatan dilaksanakan melalui aplikasi zoom pada Jum’at 27 September 2024, Pukul 14.00 – 16.00 wib dengan narasumber Tri Raharjo, SE, MM, CDMS, CPR selaku Chairman Indonesia Brand Communtiy (IBC).

“Melalui PPBI ini Brand Indonesia akan didorong citranya melalui publikasi di berbagai media nasional dan tentunya di tahun-tahun mendatang diharapkan PPBI akan menjadi pilar penting dalam pengembangan brand Indonesia” pungkas Tri Raharjo.

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut