get app
inews
Aa Read Next : Gitaris PADI Reborn, Ari Luncurkan Album "Inconsistency" Bersama Band Barunya

Rumah Sakit Indriati Pakai Teknologi AI dalam Layanan MRI 1,5 T, Ini Kelebihannya

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 13:58 WIB
header img
Petugas radiologi RS Indriati Solo Baru memperlihatkan MRI 1,5 T berteknologi AI, Jumat (23/8/2024).

SOLO,iNewsMuria.id-Rumah Sakit Indriati Solo Baru Sukoharjo menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam layanan MRI (Magnetic Resonance Imaging) bagi pasien.

Peluncuran layanan MRi 1,5 T dengan teknologi AI di RS Indriati yang pertama bagi rumah sakit swasta pertama di Jawa Tengah itu dilakukan didi Auditorium RS Indriati Solo Baru, Sukoharjo, Jumat (23/8/2024).

“Pemilihan teknologi AI didalam layanan MRI RS Indriati Solo Baru untuk membantu menegakkan diagnosa lebih akurat karena dapat menapilkan hasil gambar yang lebih jelas," kata Direktur RS Indriati Solo Baru dokter William Tanoyo ketika membuka acara.

"Di samping itu, teknologi AI dapat mengurangi lama pemeriksaan kurang lebih 50%, sehingga memberi kenyamanan bagi pasien karena waktu pemeriksaan tidak lama di dalam mesin MRI dibanding alat generasi sebelumnya," jelasnya.

MRI merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio dan teknologi magnet. Pemeriksaan MRI dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar organ, tulang dan jaringan di dalam tubuh secara rinci dengan resolusi tinggi dan lebih mendalam. 

Pemeriksaan MRI merupakan alat diagnostik yang akurat untuk indikasi tertentu sebagai upaya untuk menegakkan diagnosis maupun intervensi. Organ-organ tubuh yang biasanya diperiksa melalui MRI diantaranya adalah otak dan saraf tulang belakang, jantung dan pembuluh darah serta tulang & sendi.

Kepala instalasi radiologi RS Indriati Solo Baru dokter Yenny Christiana Sp. Rad menjelaskan, MRI memiliki beberapa kelebihan dibandingkan metode pencitraan lain dalam mendeteksi penyakit. MRI dapat melihat lebih detail struktur-struktur jaringan lunak, saraf maupun bagian lain pada tubuh dan tidak menggunakan radiasi sinar -X dalam prosesnya.

Akan tetapi, MRI juga mempunyai beberapa kelemahan seperti waktu pengerjaan yang memakan waktu lebih lama serta munculnya artefak saat pengambilan gambarnya. Oleh karena itu, pemeriksaan MRI di Indriati dilengkapi AI atau Artificial intelegence yang tersemat didalamnya.

"Dengan menggunakan tehnologi AI ini, pemindaian MRI menjadi lebih cepat (mengurangi waktu pemindaian 40-60% dari MRI tanpa tehnologi AI), artefak yang sering muncul dalam MRI bisa tereduksi bahkan tidak muncul lagi serta gambar yang dihasilkan terlihat lebih jelas.” ujarnya.

Imaging Sales Director GE HealthCare Indonesia, Cokhy Fasha, menambahkan, sebagai penyedia teknologi kesehatan dengan pengalaman lebih dari 100 tahun di dunia, GE HealthCare berkomitmen untuk menyediakan solusi terintegrasi, layanan kesehatan, dan analitik data yang dapat membantu meningkatkan efisiensi rumah sakit, produktivitas dokter, ketepatan pengobatan, dan memastikan kesehatan serta kenyamanan pasien.

Selaras dengan program pemerintah untuk mengembangkan perawatan medis dengan teknologi, kami siap berkolaborasi dengan pemerintah dan rumah sakit untuk memperkuat layanan kesehatan di Indonesia.

"Kami menyadari bahwa Indonesia memiliki tantangan menghadapi tingginya angka penyakit katastropik, sehingga ketersediaan MRI dengan bantuan Artificial Intelligence sangat penting untuk membantu diagnosis yang lebih baik. Kami bangga bisa berkolaborasi dengan RS Indriati Solo Baru untuk memberikan layanan pasien terbaik," jelasnya.

Hal senada disampaikan Senior Product Leader MRI, GE Healthcare, Gatot Santosa. Ia mengatakan, MRI 1.5T dengan artificial intelligence ini memiliki beragam kelebihan. Yaitu waktu scanning yang lebih singkat sehingga meningkatkan kenyamanan pasien dengan hasil yang lebih tajam. Hal ini membuat diagnostik menjadi lebih baik dan mencegah pengulangan deteksi.

"Teknologi ini juga telah dikembangkan oleh 13 ahli dari seluruh dunia dimana 100% para ahli menyatakan teknologi ini mampu memberikan hasil yang jauh lebih baik dari teknologi generasi sebelumnya," tandasnya.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut