get app
inews
Aa Read Next : Implementasikan Commander Wish Kapolda Jateng, Polres Grobogan Salurkan Puluhan Paket Sembako

Jelang Pilkada 2024, Sekelompok Orang Terlibat "Kerusuhan" di Grobogan

Rabu, 21 Agustus 2024 | 13:08 WIB
header img
Simulasi Sispamkota digelar Polres Grobogan di Alun Alun Purwodadi jelang Pilkada 2024, Rabu (21/8/2024).(Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Pendukung salah satu pasangan calon bupati dan calon wakil bupati  Pilkada 2024 di Grobogan yang tengah berkumpul di posko pemenangan terlibat pertengkaran dengan sekelompok orang, Rabu (21/8/2024).

Berawal ketika para pendukung paslon Legowo dan Bagus tengah berkumpul di posko pemenangan tiba-tiba didatangi beberapa orang tak dikenal. Dengan mengendarai.motor yang digeber sehingga terjadi keributan. Polisi berhasil melerai, namun datang massa lebih banyak lagi.

Sehingga Polres Grobogan menerjunkan tim negoisator. Namun upaya negoisasi tak membuahkan hasil bahkan beberapa orang melakukan provokasi. Pasukan Pengendali Massa (Dalmas) didatangkan ke lokasi kerumunan massa.

Kondisi semakin memanas ketika beberapa orang menyerang anggota Dalmas, sehingga tameng pun disiapkan. Tak lama kemudian lemparan dari massa mengarah ke anggota Dalmas. Beberapa diantaranya menerjang dan menendang tameng polisi.

Aksi bakar ban pun dilakukan massa. Polisi pun dengan sigap memadamkan api, namun itu membuat massa semakin berani. Di tengah suasana yang memanas, Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan turun langsung menenangkan masa.


Mobil water cannon digunakan untuk menghalau masa dalam simulasi Sispamkota, Rabu (21/8/2024). (Arif Fajar)

 

Tapi upaya tersebut tak membuat aksi massa mereda. Sehingga water cannon dan unit K9 diterjunkan menghalau massa. Semprotan air dari mobil water cannon memecah massa yang perlahan mundur. Sehingga situasi bisa terkendali.

Aktivitas masyarakat Grobogan pun berangsur normal hingga pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2024. Itulah gambaran simulasi Sispamkota yang digelar Polres Grobogan di Alun Alun Purwodadi, Rabu (21/8/2024) pagi.

Kegiatan simulasi Sispamkota tersebut dihadiri oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni, Dandim 0717 Grobogan Letkol Arh Muda Setyawan, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto, Forkompimpda, ormas, KPU, Bawaslu dan PWI Grobogan serta IJTI Grobogan.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan mengatakan, kegiatan simulasi Sispamkota menjelang Pilkada 2024 tersebut sebagai persiapan, karena Polres Grobogan sebagai leading sektor pengamanan Pilkada 2024 di Kabupaten Grobogan.

"Hari ini kita laksanakan Sispamkota sebagai wujud kesiapsiagaan Polri, TNI dan instasi terkait dalam menghadapi eskalasi politik sehingga bisa diantisipasi secara dini," jelas Kapolres Grobogan.

Menurut AKBP Dedy Anung Kurniawan, Polres Grobogan sebagai leading sektor pengamanan Pilkada 2024 telah melakukan sejumlah persiapan. Seperti rapat koordinasi lintas sektoral (rakor linsek), latihan pengendalian massa, dan pra Operasi.

Kapolres Grobogan juga mengingatkan kepada semua anggota yang terlibat dalam pengamanan Pilkada 2024 di Kabupaten Grobogan untuk memperkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara Pemilu. Siapkan fisik dan mental.

"Pedomani aturan dan SOP yang berlamu dalam rangka mengindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas. Bagi anggota TNI Polri harus selalu menjaga netralitas," tegas Kapolres Grobogan. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut