get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Kemerdekaan RI, Dinas Ketahanan Pangan Daerah Grobogan Gelar Pasar Murah

Penumpang Kereta Api Daop 4 Semarang Ikuti Detik Detik Proklamasi Dan Nyanyikan Indonesia Raya

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 13:56 WIB
header img
Penumpang Kereta Api atau KA Ambarawa Ekspres mengikuti Detik Detik Proklamasi dan menyanyikan lagu Indoensia Raya saat perjalanan menuju Semarang,Sabtu (17/8/2024)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Suasana berbeda dirasakan para penumpang kereta api Ambarawa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi - Semarang Poncol, ketika kru KAI masuk ke gerbong penumpang dan memberitahukan akan ada Detik Detik Proklamasi, Sabtu (17/8/2024).

Tak berapa lama, terdengar pengumuman melalui pengeras suara yang ada di dalam gerbong penumpang yang memberitahukan akan dilaksanakan peringatan Detik Detik Proklamasi dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Para penumpang kereta api Ambarawa Ekspres yang berada di gerbong 5 bergegas berdiri. Terdengar suara Presiden Ir Soekarno membacakan teks Proklamasi hingga selesai. Setelah itu para penumpang dengan sikap sempurna bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Suasana Kemerdekaan semakin terasa, ketika lagu Indknesia Raya selesai dinyanyikan, salah seorang penumpang tiba-tiba memekikan kata, "Merdeka!". Spontan penumpang lainnya menyambut pekikan itu dengan ikut memekikan kata, "Merdeka".

Beberapa penumpang kereta api pun tak ingin kehilangan momen tersebut dengan turut mengabadikan melalui kamera ponsel mereka hingga peringatan Detik Detik Proklamasi dan menyanyikan lagu Indoensia Raya secara bersama selesai.


Penumpang kereta api yang berada di Stasiun Tawang Semarang mengikuti Detik Detik Proklamasi, Sabtu (17/8/2024). (dok Humas KAI Daop 4 Semarang)

 

Menurut Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, pada pukul 10.00 WIB secara serentak para petugas KAI dan para penumpang yang berada di stasiun maupun di dalam kereta api melaksanakan penghormatan Detik Detik Proklamasi dengan melakukan sikap sempurna.

"Penumpang kereta api diinstruksikan untuk berdiri lalu mendengarkan pemutaran rekaman pembacaan Teks Proklamasi, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya," jelas Franoto.

Kegiatan ini lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian KAI dalam menumbuhkan rasa nasionalisme kepada masyarakat. Mengisi kemerdekaan dengan turut memperingati detik-detik proklamasi, sehintga rasa cinta tanah air dan rela berkorban diharapkan dapat berkembang dalam diri masyarakat.

Para penumpang KA yang mengikuti Detik Detik Proklamasi di wilayah Daop 4 Semarang meliputi: penumpang KA 191 Kaligung relasi Semarang Poncol - Brebes, KA 225F Menoreh relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Pasar Senen,  KA 231 Ambarawa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi - Semarang Poncol,  KA 230 Ambarawa relasi Semarang Poncol - Surabaya Pasarturi, KA 61 Sembrani relasi Surabaya Pasarturi - Gambir, dan penumpang KA 545 Kedung sepur relasi Ngrombo - Semarang Poncol.

Sedangkan untuk di stasiun dilaksanakan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Weleri, Stasiun Batang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Pemalang, Stasiun Tegal, Stasiun Ngrombo, Stasiun Randublatung dan Stasiun Cepu.

Tak hanya itu sambung Franoto, peringatan HUT ke 79 Kemederdekaan Republik Indonesia, KAI Daop 4 Semarang juga menggelar lomba diikuti para penumpang yang sedang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Sabtu (17/8/2024). Yakni lomba lempar gelang, makan krupuk, pancing souvenir dan cantol topi.

"KAI berharap dengan berbagai bentuk kemeriahan menyambut HUT Kemerdekaan RI, dapat menumbuhkan semangat nasionalisme para pelanggan setia kereta api dan juga menjadikan kereta api sebagai transportasi pilihan," tambah Franoto Wibowo. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut