get app
inews
Aa Read Next : Polda Jateng Gelar Sertijab 15 Kapolres dan 4 Pejabat Utama, Ini Pesan Kapolda

Dukung Upaya Pemulihan Paska Gempa di Batang, Polda Jateng Kerahkan Bantuan

Selasa, 09 Juli 2024 | 09:17 WIB
header img
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyerahkan bantuan sosial untuk korban gempa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. (dok Humas Polda Jateng)

BATANG,iNewsMuria.id – Upaya pemulihan paska musibah gempa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah terus diupayakan. Salah satu pihak yang ikut serta membantu pemulihan adalah Polda Jateng.

Berbagai bantuan dikerahkan Polda Jateng dengan mendirikan dapur umum, perbaikan rumah dan trauma healing untuk memulihkan kondisi psikologis korban gempa di Kabupaten Batang.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi yang meninjau lokasi bencana mengatakan turut prihatin atas musibah gempa pada Minggu 7 Juli 2024 yang mengakibatkan 76 rumah warga rusak dan 10 warga luka.

Saat meninjau lokasi gempa, Kapolda Jateng juga menyempatkan untuk menjenguk seorang lansia korban gempa yang mengalami patah tulang. Meninjau dapur umum dan menyerahkan bantuan untuk warga yang rumahnya rusak.

"Prioritas adalah recovery pasca gempa dengan membangun kembali rumah yang rusak dan trauma healing bagi anak-anak agar tidak mengalami dampak psikologis yang berkepanjangan,” jelas Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi. 


Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menjenguk lansia korban gempa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. (dok Humas Polda Jateng)

 

Selain itu, lanjut Irjen Pol Ahmad Luthfi, Polda Jateng juga menyediakan dapur umum untuk warga yang belum memiliki tempat tinggal karena rumahnya mengalami kerusakan.

Guna memperbaiki 78 rumah yang rusak akibat gempa di Batang, sebagai bentuk kepedulian Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyerahkan bantuan berupa 1.000 sak semen.

Melalui bermacam bentuk bantuan tersebut, Kapolda berharap dapat mempercepat pemulihan dan meringankan beban yang dialami warga terdampak bencana.

“Dukungan ini merupakan bentuk kepedulian Polda Jateng terhadap masyarakat yang terdampak gempa. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban dan membantu proses pemulihan dengan cepat,” kata Kapolda Jateng. 

Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di Kabupaten Batang dalam upaya pemulihan pascamusibah gempa.

“Kerjasama adalah kunci dalam menghadapi situasi darurat seperti ini. Kami sangat menghargai kerjasama antara Polri, TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam penanggulangan bencana ini,” tambah Kapolda Jateng. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut