get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Tradisi Siwer Desa di Papanrejo Gubug, Unik Ada Rebutan Uang Koin

Mengenalkan Potensi Desa Kaliombo Jepara Melalui Karnaval Budaya Sedekah Bumi

Selasa, 18 Juni 2024 | 16:24 WIB
header img
Karnaval budaya sedekah bumi di Desa Kaliombo Jepara, Senin (17/6/2024).

JEPARA,iNewsMuria.id-Warga Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara menggelar karnaval budaya, Senin (17/6/2024) di desa setempat.

Karnaval itu adalah satu dari beberapa event yang digelar warga. Event lainnya, mulai dari hiburan tayub, hingga wayang kulit dan ketoprak.

"Tujuannya untuk mengangkat potensi lokal yang ada desanya agar lebih dikenal masyarakat luas dan menjadi destinasi wisata," kata Kepala Desa Kaliombo, Aqsol Amri.

Ada 15 peserta perwakilan RT/RW yang berpartisipasi dalam karnaval budaya.  Berbagai kreasi dihadirkan warga dalam ritual tahunan itu. Mereka kompak mengangkat tema seni budaya lokal.

Ada yang membawakan tema Dewi Sri, tradisi wiwitan, hingga pisowanan Raja Mataram. Tema itu disuguhkan dalam seni gerak serta kostum dan property yang dipakai.

Karnaval tampak gayeng, banyak warga yang menonton hiburan rakyat itu. Gunungan yang berisi berbagai hasil bumi, separti buah dan sayuran, tak luput dari rebutan warga.

"Gunungan dan kesenian yang dihadirkan menunjukkan hasil bumi serta potensi desa Kaliombo. Lewat serangkaian acara sedekah bumi ini kita dapat memelihara kekompakan, persatuan serta kegotongroyongan masyarakat."

"Di samping itu, dengan adanya sedekah bumi ini, masyarakat Desa Kaliombo tidak lupa dengan Mbah Ronggo Kusumo, beliau adalah bibit kawit atau babad alas Desa Kaliombo ini," jelas dia.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut