get app
inews
Aa Read Next : Tedy Alamsyah Terpilih Jadi Ketua Umum Perbarindo 2022-2026, Berikut Susunan Pengurus Harian DPP

Lepas Jalan Sehat Hari BPR, Ketua Perbarindo Tedy Alamsyah : Kondisi BPR dan BPRS Baik-baik Saja

Senin, 27 Mei 2024 | 07:47 WIB
header img
Jalan sehat Hari BPR di Mungkid, Magelang, Minggu (26/5/2024).

MAGELANG,iNewsMuria.id-Ketua Perbarindo Tedy Alamsyah melepas Fun Walk memperingati Hari BPR dan BPRS Nasional di lapangan Soepardi, Magelang Minggu (26/5/2024).

Jalan sehat yang diikuti sekitar 20.000 peserta itu juga dihadiri Kapolresta Magelang, Kombes Pol Mustofa dan Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto serta para pimpinan BPR dan BPRS di Jawa Tengah.

"Kegiatan fun walk ini merupakan Hari BPR BPRS Nasional yang secara nasional dipusatkan di Kabupaten Magelang dan secara serentak diikuti 24 DPD di seluruh Indonesia," kata Tedy.

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 2017 di Yogyakarta, Malang, Bali dan tahun ini dilaksanakan di Jawa Tengah. Tujuan dari kegiatan ini adalah meliberalisasi dan mengedukasi serta mengenalkan industri BPR dan BPRS bagi masyarakat."

Dikatakan, industri BPR sudah lahir sejak zaman sebelum kemerdekaan yang sering disebut dengan Bank Desa, kemudian setelah kemerdekaan disebut Bank Pasar, dan setelah Pakto 1988 disebut dengan BPR (Bank Perkreditan Rakyat).

Kemudian dengan adanya UU Nomor 4 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) berubah lagi menjadi Bank Perekonomian Rakyat dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah.

"Dengan Undang-undanag UU Nomer 4 tentang P2SK maka ruang lingkup kegiatan industri BPR BPRS semakin luas, yang dulunya memiliki stigma perkreditan maka juga bisa saving dan melakukan kegiatan literasi seperti acara hari ini," tandasnya.

Lebih lanjut Tedy Alamsyah mengatakan, kondisi BPR dan BPRS sedang baik-baik saja. Hingga akhir Desember 2023, pertumbuhan BPR dan BPRS, baik vending maupun landing masih di angka 9-10 persen. Kepercayaan pihak ketiga juga semakin meningkat.

"Jadi untuk menebalkan kepercayaan masyarakat, industri BPR dan BPRS sampai hari ini masih baik-baik saja. Sampai saat ini aset mencapai kurang lebih Rp 216 triliun," kata Tedy.

Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto, mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan fun walk yang dilaksanakan oleh BPR dan BPRS untuk memberikan literasi kepada masyarakat.

Pihaknya berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, semua Bank Perekonomian Rakyat bisa terus berkembang dan bertumbuh dengan lebih baik lagi.

"Dan yang paling penting bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai kebutuhannya masing-masing di bidang perekonomian," harap Sepyo.

Hal senada dikatakan Ketua Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia / Perbarindo Jawa Tengah Dadi Sumarna. "Kami bangga menjadi tuan rumah peringatan Hari BPR BPRS nasional ini," kata Dadi.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut