get app
inews
Aa Read Next : Dikabarkan Mundur, Dua Caleg PDIP Ditetapkan Sebagai Calon Terpilih Oleh KPU Grobogan

Bukan Kelainan, Inilah Spesies Hewan Terkecil di Dunia

Sabtu, 19 Februari 2022 | 15:27 WIB
header img
  1. Tarsius Filipina (Carlito syrichta)

Tarsius Filipina hidup di hutan lebat dataran rendah Filipina tengah dan selatan. Tumbuh maksimal hanya 165 milimeter ketika dewasa. Dengan ukurannya ini, Tarsius ini termasuk salah primata terkecil di dunia.

  1. Ular Barbados (Leptotyphlops Carlae)

Ular terkecil di dunia ini adalah spesies yang hanya ditemukan di pulau Karibia Barbados, Barbuda, dan Antigua. Berukuran maksimal 100 milimeter, mulut kecil mereka hanya cukup terbuka untuk memakan serangga mikroskopis.

  1. Lemur Tikus Madame Berthe (Microcebus Berthae)

Lemur tikus Madame Berthe menyandang predikat salah satu primata terkecil di dunia, dengan panjang tubuh rata-rata 92 milimeter dan berat sekitar 30 gram. Primata nokturnal soliter ini adalah hewan endemik Madagaskar.

  1. Burung Kolibri Lebah (Mellisuga Helenae)

Burung terkecil di dunia adalah burung kolibri lebah, yang hanya hidup di Kuba. Burung itu tumbuh hanya sampai 57 milimeter, beratnya di bawah 2 gram, dan mampu mengepakkan sayapnya hingga 200 kali per detik.

  1. Baluchistan Pygmy Jerboa (Salpingotulus Michaelis)

Jerboa kerdil juga dikenal dengan nama Baluchistan pygmy jerboa. Hewan ini hanya ditemukan di gurun keras Pakistan dan Afghanistan. Jerboa dikenal sebagai hewan pengerat terkecil yang tumbuh hingga panjang 44 milimeter.

Hewan ini memiliki kaki belakang yang relatif besar. makhluk ini bertahan hidup dengan menggali di bawah semak-semak kecil untuk memakan biji dan daun.

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut