get app
inews
Aa Read Next : Amin Rois Terpilih Sebagai Koordinator Presidium MD KAHMI Grobogan Periode 2024-2028

Soal Pemain Naturalisasi dan Pelatih STY, Ini Kata Mantan Dirut Persija dan Punggawa Timnas

Minggu, 12 Mei 2024 | 21:58 WIB
header img
Mantan Dirut Persija I Gede Widiade (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Timnas Indonesia U-23 atau Garuda Muda sedang menjadi pembicaraan, selain prestasinya yang mampu menembus empat besar Piala AFC U-23 juga karena pemain naturalisasi.

Keberadaan pemain naturalisasi yang ikut berlaga dalam Piala AFC U-23 dinilai bakal menutup kesempatan pemain lokal untuk membela Timnas Indonesia. Kemudian bagaimana nasib Shin Tae Yong.

Namun pendapat berbeda justru dilontarkan mantan Direktur Utama Persija I Gede Widiade dan mantan punggawa Timnas Indonesia Yusuf Ekodono seusai laga Fun Football di Purwodadi, Grobogan, Minggu (12/5/2024) petang.

"Siapapun yang terpilih di Timnas Indonesia tidak perlu berpolemik. Siapapun dia selama sudah menjadi warga negara Indonesia (naturalisasi) harus didukung" jelas I Gede Widiade.

Apalagi lanjut I Gede Widiade yang sekarang menangani PSF Academy, keberadaan Timnas Indonesia sudah naik baik di tingkat Asia, Asean maupun Dunia kendati belum lolos Olimpiade

Seharusnya, lanjut I Gede Widiade, kita berterima kasih kepada Ketum PSSI yang berupaya menaikkan rangking Timnas Indonesia di tingkat Internasional yakni di FIFA bagaimanapun caranya.

"Jadi tidak waktunya untuk berdebat soal naturalisasi atau lokal, semua warga negara Indonesia (WNI). Timnas kita saat ini mampu mengalahkan tim-tim besar seperti Korea dan Australia," tambahnya.

Justru dengan adanya perkembangan positif dari Timnas Indonesia, lanjutnya, akan menaikan keinginan talenta muda Indonesia untuk berkontribusi di Timnas U-17, U-23 dan Timnas Senior.

Sementara mantan pemain Persebaya Surabaya dan Punggawa Timnas Indonesia 1991-1998 Yusuf Ekodono mengatakan salah satu cara instan untuk berprestasi adalah dengan pemain naturalisasi.

Karena para pemain naturalisasi, lanjut Yusuf Ekodono, sudah bermain di level yang bagus baik di Liga Eropa mauun di Liga di Asia seperti di Korea dan Liga Jepang.

"Keberadaan pemain naturalisasi justru lebih bagus karena bisa memotivasi  pemain lokal Indonesia, agar paling tidak menyamakan kemampuannya," jelas Yusuf Ekodono.

Pemain lokal biarpun bermain ditingkat nasional yakni di Liga indonesia, menurut Yusuf Ekodono, setidaknya termotivasi agar bisa sejajar dengan pemain naturalisasi. Sehingga ketika sejajar maka akan dimainkan di Timnas.

"Apalagi Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong atau STY dan Indra Sjafri progresnya bagus. Sehingga Shin Tae-yong layak dipertahankan karena membentuk sebuah tim butuh waktu lama," tambah Yusuf Ekodono.***

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut