get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Kwarcab Grobogan Sosialisasikan AD ART Pramuka Hasil Munas XI Tahun 2023

Minggu, 12 Mei 2024 | 21:07 WIB
header img
Pengurus Pusdiklat Kwarcab Grobogan Kak Agus Winarno menyampaikan materi Sosialisasi AD ART Gerakan Pramuka hasil Munas XI Tahun 2023 di Sanggar Bakti. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Kwartir Cabang atau Kwarcab Grobogan sosialisasikan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Gerakan Pramuka hasil Musyawarah Nasional XI Tahun 2023.

“Peserta Sosialisasi anggota dewasa Gerakan Pramuka seperti Waka Binawasa, Sekretaris Kwartir Ranting dan Para Pelatih Pembina Pramuka Pusdiklat Kwarcab Grobogan,” jelas Pengurus Pusdiklat Kwarcab Grobogan Kak Agus Winarno, Minggu (12/5/2024)

Sosialisasi AD ART Gerakan Pramuka Hasil Munas XI Tahun 2023 tersebut menurut Kak Agus yang juga sebagai pameteri dalam kegiatan itu, dilaksanakan di Sanggar Bakti Kwarcab Grobogan, Sabtu (11/5/2024).

Sesuai dengan AD ART lanjut Kak Agus Winarno, Gerakan Pramuka mempunyai asas, tujuan,tugas dan fungsi . Sehingga anggota Gerakan Pramuka wajib melaksanakan pendidikan non formal sesuai tugas dan fungsi masing masing

Pendidikan kepramukaan lanjut Kak Agus, dilaksanakan dengan sistem among dan berdasarkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.

“Sehingga peserta didik Kepramukaan memiliki kepribadian berakhlak mulia, patriotik, disiplin, taat hukum dan menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa serta peduli dengan sesama dan lingkungan,” ujar Kak Agus.

Diharapkan dengan sosialisasi tersebut, sambung Kak Agus Winarno, para peserta bisa memahami AD ART) Gerakan Pramuka, menjadikan AD ART sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan. 

Sementara Pemateri lainnya Kak Hariyanto, yang juga Pengurus Pusdikat Kwarcab Grobogan menyampaikan petunjuk teknis standar pelaksanaan kursus. 

Baik Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan(KML) bagi pembina Pramuka di Kwarcab Grobogan. Hal itu, tambahnya, sebagai standarisasi dalam penyelenggaraan kursus.

“Termasuk juga jika Kwartir Ranting mengajukan  permohonan kursus kepada Kwartir Cabang Grobogan,” kata Kak Hariyanto.

Sosialisasi yang dikemas dalam kegiatan Pitaran Pelatih dan Rakoor Binawasa ini dibuka oleh Kak Fahrurrozi Wakil Ketua Kwartir Cabang Grobogan bidang Binawasa.

“Pitaran Pelatih dan Rakor Binawasa digelar agar para pelatih dapat mengembangkan diri dan menambah wawasan dan saling melengkapi dengan Bidang Binawasa demi kemajuan Gerakan Pramuka,” kata Kak Fahrur. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut