get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Cup Taekwondo Open Tournament di Purwokerto Diikuti 1000 Atlet di Jateng

5 Olahraga Ini Mudah Dilakukan dan Dapat Membentuk Body Goals, Nomor 2 Lagi Ngetrend

Selasa, 15 Februari 2022 | 16:04 WIB
header img
Seorang pria memeragakan push up satu tangan. Ini bisa jadi salah satu olahraga membentuk body goals (Foto: Youtube/Adam Frater)

JAKARTA, iNews.id- Body goals merupakan impian dari setiap pria maupun perempuan. Bahkan tak jarang pula ada orang yang rela melakukan operasi untuk mendapatkan body goals yang diinginkan. Banyak olahraga yang dapat membentuk body goals yang bisa dilakukan di rumah. Olahraga ini juga tergolong sangat mudah untuk di lakukan.

Ternyata, ada cara mudah untuk mendapatkan body goals hanya dengan olahraga yang rutin dan itu juga bisa kalian lakuin dirumah. Dengan demikian, orang yang ingin mendapatkan body goals tak perlu repot-repot untuk mengeluarkan uangnya maupun operasi. Berikut ini ada 5 olahraga untuk membentuk body goals yang mudah dilakukan;

  1. Sit Up


Prajurit Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy) memeragakan sit up. (Foto: Wikimedia Commons)

Buat yang ingin tampil six-pack gerakan ini bisa menjadi solusi. Meski lebih dominan menyasar pada perut bagian atas, namun gerakan ini cukup efektif untuk membakar lemak di sekitar perut.  Awali gerakan dengan posisi duduk dengan kaki menekuk dan lutut menghadap ke atas. Arahkan tubuh bagian atas untuk berbaring, kemudian angkat lagi tubuh dengan merasakan tarikan di bagian perut.

  1. Kardio


Salah satu olahraga kardio yakni bersepeda. (Foto: Wikimedia Commons)

Olahraga kardio adalah serangkaian aktivitas fisik yang dilakukan untuk membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Jadi, selama melakukan kardio, organ pernapasan seseorang akan dilatih untuk bernapas lebih cepat dan lebih dalam.

Hasilnya, kadar oksigen di dalam darah akan meningkat. Jika hal tersebut terjadi, maka akan sangat membantu seseorang untuk dapat memanfaatkan oksigen secara efisien dan maksimal. Ketika seseorang melakukan olahraga kardio, maka jantung, paru-paru dan pembuluh darahnya dengan  otomatis mengirimkan oksigen dalam jumlah besar ke seluruh tubuh. 

Alhasil, orang tersebut akan merasa lebih bertenaga dan tidak mudah lelah. Selain itu, olahraga kardio ini juga dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badannya. Sebab, kadar oksigennya dalam sel yang terdapat pada jaringan tubuh dapat mempercepat proses pembakaran cadangan lemak. Ada banyak olahraga kardio yang bisa dilakukan seperti lari, berjalan, berenang hingga bersepeda.

  1. Plank


Seorang wanita sedang melakukan plank. (Foto: Wikimedia Commons)

Plank adalah cara untuk membentuk otot tubuh terkait pinggul, punggung bawah, dan perut. Plank mempunyai gerakan sederhana yaitu dengan menggunakan lengan bawah sebagai titik tumpunya. Caranya tinggal mengambil posisi tengkurap dengan lengan bawah menahan berat tubuh. Gerakan ini cukup dilakukan tanpa bergerak dengan waktu tertentu.

Tidak ada aturan resmi mengenai durasi permanen yang dibutuhkan untuk melakukan plank. Sebagai pemula bisa coba 10-15 detik, kemudian ulangi beberapa sesi secara berkala.

  1. Push Up


Warga Simalungun yang kedapatan tak memakai masker dihukum push up 10 kali. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

Gerakan ini mungkin sudah sangat familiar dikalangan anda. Gerakan ini juga merupakan compound yang mengincar otot besar di bagian dada.  Banyak variasi push up yang bisa digunakan mulai dari di bidang datar, kepala lebih tinggi dibandingkan kaki (incline), ataupun sebaliknya (decline). Intinya posisikan kedua tangan di samping kanan-kiri dada dengan mendorong tubuh ke atas.

  1. Jumping Jack


Seorang wanita melakukan jumping jack. (Foto: Pinterest

Jumping jack merupakan salah satu latihan tubuh yang terdiri dari kombinasi gerakan aerobik dan ketahanan otot paha, bokong, pinggul, dan juga bahu. Olahraga ini bisa dilakukan di mana saja, karena hanya mengandalkan gerakan kombinasi sederhana.

Jumping jack sangat mudah dilakukan. Pertama, berdiri tegak dengan kedua kaki sejajar, pusatkan lengan di samping tubuh.

Lalu tekuk lutut dan mulai lompat ke atas. Saat melompat, rentangkan kaki hingga selebar bahu. kemudian regangkan lengan ke samping melewati kepala. Lompat kembali ke posisi awal. Lalukan gerakan itu terus menerus.

Itu tadi 5 olahraga dapat membentuk body goals dan mudah untuk dilakukan di manapun. Apakah kalian berminat mencoba.

 

Editor : Aisyah Hasna Muffidah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut