get app
inews
Aa Read Next : Minim Prasarana, Tol Fungsional Solo - Jogja Hanya Dibuka pada Jam Ini

TNI Polri Amankan Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2024 di 26 TPS di Jateng

Minggu, 18 Februari 2024 | 09:51 WIB
header img
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu Setianto menjelaskan terkait pengamanan pemungutan suara ulang dan pemungutan suara susulan Pemilu 2024 di Jawa Tengah. (Istimewa)

SEMARANG,iNewsMuria.id – Tim Gabungan terdiri dari TNI Polri, hari ini Minggu (18/2/2024) lakukan pengamanan pemungutan suara ulang dan pemungutan suara susulan di 13 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto menjelaskan, pemungutan suara ulang dilakukan di 26 TPS. Sedangkan pemungutan suara susulan Pemilu 2024 dilaksanakan di 114 TPS.

"Ada 260 personel Polri dan 130 personel TNI berjaga di ring dua TPS. Sedangkan di ring tiga dilakukan Babinsa dan bhabinkamtibmas setempat," jelas Kombes Pol Satake Bayu.

Adapun kabupaten/kota di Jawa Tengah yang melaksanakan pemungutan suara ulang, lanjutnya, yakni Purworejo (1 TPS), Boyolali (4 TPS), Kebumen (1 TPS), Magelang (4 TPS), dan Jepara (1 TPS).

Kemudian lanjut Kombes Pol Satake Bayu, Rembang (4 TPS), Kota Tegal (1 TPS) dan Kabupaten Tegal (1 TPS), Purbalingga (1 TPS), Wonosobo (2 TPS), Sragen (1 TPS) dan Sukoharjo (1TPS).

Selain itu, sambung Kabid Humas, Polda jateng juga menerjunkan personel  untuk mengamankan kegiatan pemungutan suara susulan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Demak.

Menurut Kombes Pol Satake Bayu, sejumlah lokasi di Kabupaten Demak tidak dapat melaksanakan pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 akibat terdampak banjir besar.

Untuk itu, tambahnya, personel gabungan akan mengamankan pemungutan suara susulan (PSS) akan dilaksanakan pada 24 Februari mendatang di 114 TPS di 10 desa di Kabupaten Demak.

"Untuk pemungutan suara ulang (PSU) nanti dalam satu TPS dijaga oleh 10 Anggota Polri dan 5 TNI, sedangkan untuk Pemungutan suara susulan (PSS) dalam satu TPS  diamankan 2 Polri dan 1 TNI  " terang Kabidhumas

Dirinya berharap pelaksanaan kegiatan dapat terlaksana sesuai jadwal dan berlangsung dengan tertib dan aman. Polda Jateng juga terus berkoordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait termasuk KPU dan Bawaslu.

Kabid Humas Polda Jateng menghimbau warga masyarakat yang telah terdaftar untuk mengikuti pemungutan suara ulang maupun pemungutan suara susulan untuk hadir di TPS menggunakan hak pilihnya. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut