get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Hujan Deras dan Luapan Sungai Sebabkan 7 Desa di Grobogan Terdampak Banjir

Senin, 05 Februari 2024 | 19:05 WIB
header img
Salah satu rumah warga di Desa Werdoyo, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan yang terdampak banjir, Senin (5/2/2024). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Hujan deras sebabkan sejumlah sungai di Kabupaten Grobogan meluap dan menyebabkan rumah dan jalan di 7 desa yang berada di lima kecamatan terdampak banjir, Senin (5/2/2024).

Informasi yang diperoleh dari Pusdalops BPBD Grobogan menyebutkan, curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan Sungai Lusi, Sungai Serang, Sungai Jajar meluap dan menyebabkan banjir.

Adapun yang terdampak banjir berada di Kecamatan Godong yakni 64 rumah warga, jalan desa dan persawahan di Dusun Galeh, Desa Werdoyo yang diakibatkan oleh meluapnya aliran Sungai Jajar dengan ketinggian air hingga 50 cm.

Kemudian di Desa Toko, Kecamatan Penawangan, banjir menggenangi 10 rumah warga dan jalan perkampungan dengan ketinggian air sekira 40 cm hingga 60 cm.

Demikian juga di Desa Kramat, Kecamatan Penawangan dampak dari jebolnya tanggul sungai Jajar Karangrayung menyebabkan area persawahan seluar sekitar 16 hektare terdampak.

Sehingga tanaman padi berumur kurang lebih 25 hari hingga 40 hari dan 24 rumah warga terdampak banjir. Area persawahan masih tergenang, sedangkan untuk air di perkampungan mulai surut.

Sementara luapan Sungai Lusi menyebabkan jalan masuk Desa Jono di Kecamatan Tawangharjo tergenang. Demikian juga Jalan Raya Danyang – Pengkol tergenang air dengan ketinggian 30 cm.

Sedangkan di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, ada dua dusun yang terdampak banjir. Yakni Dusun Jangkung air menggenangi jalan kampung demikian juga di Dusun Karangmanis.

Selain itu banjir juga menggenangi jalan perkampungan dan rumah warga di Dusun Kembangan, Desa Katong, Kecamatan Toroh. Saat ini air di wilayah tersebut mulai surut.

Kendati demikian Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih meminta warga tetap waspada dampak hujan deras yang kemungkinan masih terjadi di wilayah Grobogan. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut