get app
inews
Aa Read Next : Lima Profesor Ramaikan Bursa Pemilihan Rektor UNS, Ini Motivasi Mereka

Mundur dari Jabatan Rektor UNS, Jamal Wiwoho Tak Ingin Cawe-cawe Dalam Suksesi Rektor UNS

Jum'at, 19 Januari 2024 | 00:54 WIB
header img
Rektor UNS Ptof Dr Jamal Wiwoho dalam srbuah acara penerimaan bantuan sepeda bagi mahasiswa di kampus setempat, Minggu (17/1/2024)

SOLO,iNewsMuria.id-Rektor UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta Prof Dr Jamal Wiwoho mundur dari jabatannya. Jamal beralasan tidak ingin cawe-cawe dalam pemilihan rektor di perguruan tinggi negeri tersebut.

"Saya telah mengajukan pengembalian mandat dan tugas perpanjangan jabatan Rektor UNS kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada Selasa, 16 Januari 2024, dengan berbagai pertimbangan,” kata Prof Jamal kepada wartawan, Kamis (18/1/2024).

"Atas pengembalian mandat dan tugas perpanjangan jabatan Rektor UNS, tindak lanjut penyelesaian dan keputusan lainnya, saya serahkan proses sepenuhnya kepada Mendikbudristek."

Dikatakan, pada Senin (8/1/2024), sudah ada proses pembentukan Panitia Pemilihan Majelis Wali Amanat (MWA) UNS dalam Peraturan Majelis Wali Amanat (PMWA) Universitas Sebelas Maret No. 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Majelis Wali Amanat.

Aturan itu oleh diterbitkan oleh Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi beserta tim teknis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kendikbudristek).

Sehubungan dengan itu, Prof Jaman mengajukan pengembalian mandat dan tugas perpanjangan jabatan Rektor UNS kepada Mendikbudristek). Pertimbangannya, perpanjangan jabatan rektor telah dilaksanakan.

Sebagai implementasi PMWA, tahapan selanjutnya adalah pembentukan organ MWA dan pemilihan rektor yang memerlukan peran dan tanggung jawab lebih besar. 

Karena itu, Jamal mengambil langkah mengundurkan diri untuk menghindari pandangan dan kekhawatiran bahwa dirinya memiliki kepentingan pribadi berkaitan pemilihan anggota MWA dan pemilihan rektor.

"Saya memilih sikap tidak berperan lebih lanjut dalam penataan kelembagaan di UNS,” ucap dia yang mengaku berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama menjabat sebagai rektor. (*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut