get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Hujan Disertai Angin Puting Beliung Terjang Grobogan, Ratusan Rumah Rusak

Rabu, 10 Januari 2024 | 08:53 WIB
header img
Salah satu rumah warga di Desa Sedadi, Kecamatan Penawangan, Grobogan yang terdampak angin kencang pada Selasa (9/1/2024) petang. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Hujan disertai angin puting beliung terjang dua kecamatan di Kabupaten Grobogan pada Selasa (9/1/2024) sore. Akibatnya lebih dari seratus rumah warga mengalami kerusakan.

Hingga Rabu (10/1/2024) warga melakukan gotong royong bersih-bersih kerusakan dampak dari angin puting beliung. Selain rumah, berdasar laporan di BPBD Grobogan, ada bangunan SD dan musala yang terdampak.

Dijelaskan Kalak BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih dalam laporannya, bahwa hujan disertai angin kencang terjadi pada Selasa sekira pukul 16.30 WIB melanda Kecamatan Purwodadi, Penawangan, dan Karangrayung.

Satu pohon trembesi di Jalan Gajah Mada Purwodadi atau dekat bundaran Tugu Tani tumbang. Akibatnya arus lalu lintas sempat terganggu sebelum pohon dievakuasi petugas.

Dampak angin kencang lainnya di Desa Sedadi, Kecamatan Penawangan. Di mana berdasarkan laporan Kepala Desa (Kades) Sedadi Listyowati, sekira 95 rumah warga terdampak angin puting beliung.

Rinciannya, rumah yang mengalami kerusakan berada ada 20 rumah, rusak sedang ada 54 rumah, dan rumah yang rusak ringah ada 21 rumah. Kemudian ada dua musala yang mengalami kerusakan.

"Adapun lokasi yang terdampak berada di Dusun Kedung Gedang dan Dusun Karangasem, Desa Sedadi," jelas Kades Listyowati dalam laporannya.

Selain rumah dan musala, lanjutnya, ada juga dua kandang sapi, satu kandang ayam, satu warung makan, satu kios JNT, satu toko mebel, dan satu bengkel motor mengalami kerusakan. 

Sedangkan dampang angin puting beliung di Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan, tambah Kalak BPBD Grobogan Endang, ada 20 warga dan satu bangunan SDN 2 Bologarang mengalami kerusakan.

Sementara laporan dari Camat Karangrayung, Arif Efendi menyebutkan dampak angin puting beliung juga dialami warga di Desa Termas, Kecamatan Karangrayung pada Selasa petang.

"Ada 28 rumah warga dengan kerusakan ringan, sedang dan berat akibat kejadian hujan disertai angin kencang di Desa Termas," jelas Camat Karangrayung Arif.

Kerugian akibat kejadian hujan disertai angin kencang di Desa Sedadi, Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan, dan Desa Termas, Kecamatan Karangrayung masih dilakukan pendataan. Namun diperkirakan ratusan juta rupiah. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut