get app
inews
Aa Read Next : Rel Terendam Banjir, KAI Lakukan Pembatalan dan Rekayasa Perjalanan KA

Periode Libur Nataru, 293.884 Pelanggan Naik Kereta Api dari Daop 4 Semarang

Selasa, 02 Januari 2024 | 19:35 WIB
header img
Penumpang memadati stasiun di wilayah Daop 4 Semarang saat periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (Istimewa)

SEMARANG,iNewsMuria.id - PT KAI mencatat selama peiode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, ada sebanyak 293.884 pelanggan mengunakan  transportasi kereta api di stasiun stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

"Jadi sejak Kamis (21/12-2023) hingga  Senin (1/1-2024) ada 293.884 pelanggan atau rata-rata 24.490 pelanggan per hari yang naik KA di stasiun wilayah Daop 4 Semarang," jelas Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, Selasa (2/1/2024).

Dari periode libur Nataru tersebut, lanjut Franoto,  puncak arus balik di wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada Senin (1/1-2024) kemarin dengan jumlah penumpang KA sebanyak 29.761 pelanggan.

Penumpang naik tertinggi pada hari itu terjadi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 7.972 pelanggan, Stasiun Semarang Poncol sebanyak 7.084 pelanggan, Stasiun Tegal sebanyak 4.849 pelanggan, Stasiun Pekalongan sebanyak 3.182 pelanggan, Stasiun Pemalang 1.792 pelanggan, dan Stasiun Cepu 1.573 pelanggan.

Menurut Franoto jumlah penumpang pada periode tersebut meningkat 45% dibandingkan periode yang sama pada libur Nataru 2022/23 sebanyak 202.509 pelanggan. Peningkatan ini salah satunya karena kondisi pandemi yang semakin membaik. 

"Peningkatan pelayanan KAI seperti peremajaan sarana, penambahan KA baru dan fasilitas serta bebas dari macet juga membuat minat pelanggan untuk naik kereta api semakin tinggi," tambah Franoto.

Mengenai rute favorit dari para pelanggan KA di wilayah Daop 4 Semarang, lanjut Franoto meliputi: Semarang - Jakarta, Semarang - Surabaya, Semarang - Tegal, Semarang - Bandung, dan Semarang - Purwokerto.

Sementara untuk keterisian tempat duduk untuk periode 2 hingga 7 Januari 2024, sambungnya, okupansinya rata-rata baru terisi 41 persen dari  sisa tempat duduk yang disediakan total sebanyak 120.416 atau 20.069 tempat duduk per harinya.

Selain itu, lanjut Manager Humas  KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo selama tahun  2023 yakni mulai 1 Januari hingga 31 Desember tercatat ada sebanyak 5.564.069 pelanggan yang menggunakan transportasi kereta api. Jumlah tersebut naik 37% dibandingkan tahun 2022 sebanyak 4.045.430 pelanggan. 

PT KAI lanjut Franoto meminta pelanggan mengalokasikan waktu yang cukup untuk sampai di stasiun keberangkatan. Antisipasi terjadi kemacetan saat menuju stasiun, sehingga tidak tertinggal keretanya. Tetap pakai masker dan jaga kebersihan.

“Terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya menggunakan transportasi kereta api selama tahun 2023. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut dengan terus meningkatkan pelayanan di tahun 2024 ini,” ujar Franoto. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut