get app
inews
Aa Read Next : Amin Rois Terpilih Sebagai Koordinator Presidium MD KAHMI Grobogan Periode 2024-2028

Kementerian PUPR Serahkan BSPS Untuk Rehab 500 Unit RTLH di Grobogan

Senin, 27 November 2023 | 19:43 WIB
header img
Penyerahan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 500 unit dalam rangka pengentasan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Grobogan, Senin (27/11/2023). (Arif Fajar)

GROBOGAN, iNewsMuria.id - Pengentasan kemiskinan ekstrim untuk kategori rumah tidak layak huni di Kabupaten Grobogan, Kementerian PUPR menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 500 unit.

Penyerahan bantuan dilakukan Bupati Grobogan Sri Sumarni di Gedung Riptaloka, Senin (27/11/2023) disaksikan anggota DPR RI Evita Nursanti dari Dapil III Jateng, Kepala Disperakim Grobogan Siswanto. 

"Untuk pengentasan kemiskinan kita menerapkan gotong royong, baik melalui anggaran desa, CSR dari BKK Purwodadi, Bank Jateng. Termasuk dari PT Pungkok Rp600 juta, dan Semen Grobogan," jelas Bupati Sri Sumarni.

Karena lanjut Bupati, kemiskinan ekstrim tidak bisa diselesaikan sendiri oleh Pemerintah Daerah, tetapi dikroyok bareng oleh semua pihak, dari Pemerintah Pusat, Swasta, BUMN-BUMD, Baznas, dan para pihak lainya.

"BSPS sebanyak 500 unit dengan nilai bantuan Rp20 juta per unit yang berada di 51 desa sesuai data kemiskinan ekstrim by name by address," jelas Bupati Sri Sumarni.

Menurut Bupati, Pemkab Grobogan bergotong royong dengan semua pihak terus merehab rumah tidak layak huni (RTLH). Saat ini baru 40 persen RTLH di Grobogan yang sudah direhab.

"Baru 40 persen RTLH yang sudah direhab secara gotong royong, diharapkan bisa 80 persen," tambahnya.

Terpisah Kepala Disperakim Grobogan Siswanto menjelaskan dari data Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim (PKE) ada 7.149 untuk rumah tidak layak huni yang tersebar di 15 Desa yang berada di 15 Kecamatan di Grobogan.

Dengan adanya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 500 unit untuk rehab RTLH, lanjut Siswanto, tentu akan mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Kabupaten Grobogan. 

"Bantuan rehab rumah tidak layak huni untuk pengentasan kemiskinan, ada dari Kementerian PUPR (Pemerintah pusat), Pemkab, CSR dari berbagai pihak," jelas Siswanto.

Sementara anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Evita Nursanti menjelaskan kedatangannya untuk ikut menyerahkan secara simbolis Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dari Kementerian PUPR.

"Alhamdulillah bisa mendatangkan aspirasi untuk rehab 500 RTLH, semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan. Semoga tahun depan bisa ada lagi bantuan seperti ini di Grobogan," kata Evita. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut