get app
inews
Aa Read Next : Turunkan Kasus Stunting, BKKBN Galakkan Sosialisasi Program Bangga Kencana

Program Bangga Kencana Bikin Bangga

Senin, 13 November 2023 | 06:56 WIB
header img
Sis Budiyono (Tenaga Ahli Komisi IX DPR RI Tuti Nusandari Roosdiono).

SEMARANG,iNewsMuria.id-Tak Henti-hentinya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Mitra Kerja Anggota DPR RI Komisi IX Tuti Nusandari Roosdiono melakukan sosialisasi KIE Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tentang percepatan penurunan stunting dan intervensi gizi.

Seperti sosialisasi yang berjalan dengan riang ini dilaksanakan di Balai Warga Sraten, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Minggu (12/11/2023). Ini sebagai salah satu bukti dan usaha BKKBN, bekerja sama dengan menggandeng mitra kerja, dalam menekan angkat stunting hingga 14 persen sesuai standar nasional.

"Kerjasama dan kemitraan menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan pembangunan," kata Sekretaris Tim Pokja Penggerakan Penurunan Unmeet Need dan Stunting BKKBN Jawa Tengah Tatas Aji Dharma di sela sosialisasi.

"Termasuk program Bangga Kencana, karena pada hakekatnya proses pembangunan untuk mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera merupakan tanggung jawab bersama Pemerintah dan Non Pemerintah, lembaga dan organisasi kemasyarakatan yang ada", terang Tatas.

Dikatakan, stunting juga berdampak bagi kualitas negara. Hal ini dapat dilihat dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang melemah sebab menurunnya fungsi tubuh dan otak.

“Jika dibuka datanya, bapak ibu tahu kalau stunting ini sangat merugikan negara. Pada setiap tahunnya negara bisa rugi sebesar 300 triliun gara gara stunting sebab SDM tidak terserap dan harus menggunakan tenaga kerja asing. Jika SDM kita berkualitas maka kita tidak lagi menggunakan tenaga kerja asing”, pungkas Tatas.

Sementara itu, Tuti Nusandari Roosdiono secara virtual menyampaikan, sosialisasi ini berisi pengetahuan yang sangat bermanfaat dan dianjurkan untuk dibagikan kepada yang belum bisa hadir.

Dia menjabarkan, stunting adalah kondisi yang ditandai kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. "Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak," katanya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Tim Pokja Penggerakan Penurunan Unmeet Need dan Stunting BKKBN Jawa Tengah Tatas Aji Dharma, S.Sn, Anggota DPR RI Komisi IX Tuti Nusandari Roosdiono melalui virtual, Tenaga Ahli nya yaitu Sis Budiyono, Kepala Desa Sraten Rochmad, S.H dan tamu undangan yang berada di Kecamatan Tuntang. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut