get app
inews
Aa Read Next : Sambangi Puskesmas Toroh 1, Presiden Jokowi Pastikan Peserta JKN Akses Pelayanan Dengan Mudah

Gelar Pelatihan Pengolahan MPASI, Dekan Fatipa Unisri : Kami Komintmen Ikut Andil Mengatasi Stunting

Selasa, 08 Agustus 2023 | 14:47 WIB
header img
Workshop pelatihan pengolahan MPASI yang digelar Fatipa Unisri di laboratorium rekayasa proses, kampus setempat.

SOLO,iNewsMuria.id-Fakultas Teknologi dan Industri Pangan Universitas Slamet Riyadi (Fatipa Unisri) Surakarta menggelar workshop pelatihan pengolahan MPASI menu lengkap homemade di laboratorium rekayasa proses, kampus setempat.

Pelatihan yang bekerja sama dengan BKKBN Kota Surakarta dan diikuti 45 kader posyandu dari Puskesmas Sibela, Senin (7/8/2023) itu, dalam upaya penurunan angka stunting di Kota Solo.

Dalam pelatihan itu, dua instruktur pelatihan, Irvia Resti Puyanda dan Fadhilah Husnun, menyiapkan 9 menu makanan pendamping ASI (MPASI) tinggi kalori untuk dapat mengejar berat badan anak penderita stunting.

Antara lain, mashed potato, macaroni scottle, stik kentang keju, puding jagung manis, vegetable nugget, sup ayam miswa, arem arem ati wortel dan arem-arem ati jagung manis.

"Kami sangat berterima kasih kepada Fatipa Unisri yang bersedia sharing ilmu dalam memasak menu MPASI sehat,' kata Kepala DP3AP2KB Kota Surakarta Purwanti, dalam sambutannya.

Menurut dia, stunting merupakan masalah bersama sehingga perlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk menanggulanginya. 

"Jangan berkecil hati dalam menaggulangi stunting karena banyak pihak yg membantu, diantaranya BKKBN, ibu-ibu penggerak posyandu dan Fatipa Unisri," imbuhnya.

Dekan Fatipa Unisri Dr Nanik Suhartatik menjelaskan, pelatihan itu bukanlah kegiatan yang pertama, melainkan kegiatan rutin yang diselenggarakan FATIPA Unisri. Kegiatan itu, kata dia, sebagai bentuk kontribusi untuk turut serta menurunkan angka stunting.

"Kami berkomintmen untuk turut beraksi dan mengambil andil dalam mengatasi stunting di Indonesia, khususnya di Surakarta," pungkasnya.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut