get app
inews
Aa Read Next : Syukuran Kemenangan, Relawan Prabowo-Gibran Adakan Buka Bersama Ajak Wartawan Solo

Dihadiri KPU, MTs Negeri 3 Banjarnegara Gelar Pemilihan Ketua OSIM, Mirip Pemilu Sungguhan

Jum'at, 28 Januari 2022 | 15:00 WIB
header img
Prosesi pemilihan ketua OSIM

BANJARNEGARA, iNewsMuria.id   - Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTs Negeri 3 Banjarnegara menggelar pemilihan ketua masa bakti 2022-2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung layaknya pemilihan umum (Pemilu) sungguhan di Indonesia yaitu dengan pencoblosan secara langsung dengan prinsip LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia). 

Pemilihan ketua OSIM itu dilaksanakan di Aula madrasah dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan yang ketat dan dihadiri juga oleh KPU Kabupaten Banjarnegara. Kamis (27/01). 

Kegiatan ini mengadopsi sistem pemilihan yang dilaksanakan oleh KPU, sebelumnya telah diawali dengan verifikasi atau uji kelayakan calon, penetapan calon, pengambilan nomor urut calon, kampanye dan penyampaian visi dan misi calon ketua OSIM di tiap-tiap kelas. Setelah melewati berbagai tahap memunculkan 5 calon yang akan bersaing Dalam pemilihan ketua OSIM masa bakti 2022-2023.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala MTsN 3 Banjarnegara Sidik Wibowo Akhmad, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran demokrasi bagi siswa-siswi MTs Negeri 3 Banjarnegara. ”Pemilihan dengan sistem pemilu ini kita lakukan untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan bijak, dan mengenalkan sejak dini tentang tahapan pemilu kepada peserta didik," ucapnya.

Lanjut, “Dilihat dari segi usia mungkin anak-anak kita belum ada yang memiliki pengalaman mencoblos langsung, namun berawal dari sini setidaknya mereka sudah memiliki pengalaman bagaimana cara memilih pemimpin dengan sistem demokrasi seperti yang diterapkan di negara kita,” ujarnya.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut