get app
inews
Aa Read Next : Demi Bantu Korban Banjir, Kapolres Grobogan Rela Basah Basahan

Menjaga Kesehatan dengan Olahraga Ringan Dirumah

Kamis, 27 Januari 2022 | 20:11 WIB
header img
Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, sempatkan waktu untuk olahraga walaupun hanya sebentar

Era pandemi sudah berlalu, sekarang berganti dengan era new normal. Kali ini kita dihadapkan dengan masa dimana semua kegiatan sosial berubah 180°. Bukan hal mudah memang. Tetapi kita harus menjalani kehidupan yang dirasa baru setelah adanya pandemi.
Kita bisa melakukan olahraga rutin setiap hari diimbangi dengan makanan yang kaya akan vitamin. Tentunya olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga berat dan keluar dari rumah. Kita bisa melakukan olahraga ringan dirumah, bahkan tanpa alat sama sekali. Berikut beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah:
1. Jogging
Kita tidak harus membeli treadmill untuk bisa jogging dirumah. Kita hanya perlu memanfaatkan halaman depan rumah atau tempat yang lapang.

2. Gerakan Duduk-Berdiri
Olahraga ini sangat mudah dilakukan, kita cukup menyiapkan samebuah kursi sebagai medianya. Lakukan gerakan duduk selama tiga detik lalu berdiri. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Pastikan saat melakukan gerakan ini tubuh dalam posisi tegak tanpa sandaran. Gerakan ini guna melatih pernafasan dan otot kaki.

3. Naik-Turun Tangga
Jika dirumah terdapat dua lantai, kita bisa memanfaatkan tangga yang ada untuk berolahraga. Olahraga ini, seperti olahraga jogging. Kita cukup berjalan menaiki dan menuruni tangga seperti jalan biasa. Lakukan gerakan ini secara berulang guna melatih otot kaki.

4. Push-Up
Gerakan push-up dapat dilakukan dimana saja tanpa peralatan. Gerakan Pus-up dimulai dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan, kemudian badan didorong keatas dengan kekuatan tangan denagn posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap. Kemudian turunkan badan tanpa menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki tetap lurus. Ulangi gerakan ini untuk melatih otot tangan dan perut.

5. Sit-up
Sama halnya dengan push-up, sit-up juga bisa dilakukan dimana saja. Posisi awal untuk gerakan ini adalah berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Atau bisa dilakukan dengan kaki dalam posisi lurus. Untuk posisi tangan bisa diluruskan kedepan, disilangkan didepan dada atau di ditekuk denga posisi telapak tangan tepat di belakang kepala. Kemudian angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan lagi seperti posisi semula. Lakukan gerakan ini berulang kali sesuai dengan kemampuan. Gerakan ini berguna untuk melatih otot perut.

Meskipun bisa dibilang pandemi karena virus sudah berangsur membaik, kita harus tetap menjaga kesehatan. Bukan hanya kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan otak. Apalagi jika kita hidup di kota yang padat akan aktivitas. Tentunya kita tidak boleh mengabaikan hal tersebut.

Editor : Aisyah Hasna Muffidah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut