get app
inews
Aa Read Next : Sandyakala Smara Raih Penghargaan Emas di Ajang PR Award Singapura

Sandyakala Smara, Karya Terbaru Denny Wirawan dengan Mengangkat Batik Kudus

Kamis, 02 November 2023 | 15:02 WIB
header img
Peragaan busana karya Danny Wirawan berjudul Sandyakala Smara di Hotel Langham Jakarta (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsMuria.id - Dalam karya terbarunya yang berjudul Sandyakala Smara Fashion desainer Denny Wirawan mengangkat dan mengeksplorasi batik Kudus.

Eksplorasi kreatif bersama Bakti Budaya Djarum Foundation ini sebagai wujud perjalanan delapan tahun untuk pengembangan dan pengolahan batik Kudus.

Sandyakala Smara yang ditampilkan di ballroom The Langham, Jakarta, dalam program Fashion Soiree tersebut, merupakan kerja sama dengan Ikatan Perancang Muda Indonesia (IPMI).
 
"Sesuai dengan aura metropolitan Jakarta, saya akan membawa mood Sandyakala Smara yang berbeda. Karakter metropolitan dan sikap urban kota Jakarta harus terasa di fashion show ini. Untuk itu saya melakukan re-styling di beberapa rancangan,” ujar Denny Wirawan dalam keterangan pers pada Rabu 1 November 2023.
 
Karya yang mengangkat Batik Kudus dalam format ready-to-wear deluxe dan ready-to-wear premium ini, telah dipaparkan di kota Kudus, lalu kini tiba saatnya Denny Wirawan membawanya ke Jakarta, untuk publik nasional yang lebih luas.

Sandyakala Smara terdiri dari 41 set rancangan, dipresentasikan ke dalam dua bagian.

​​​Pertama, seri Asmaradana, yang menitik beratkan kreasi yang bertumpu pada citra pakaian Cheongsam, dengan elemen berupa kerah-kerah tinggi, baik itu sebagai blus berbahan renda putih, atau vest penuh ornamentasi, atau juga berupa pilihan outerwear ala gaun cocktail berhiaskan Batik Kudus yang motifnya dibuat cantik dan bold.

 Siluet rancangan yang berunsur A-line, membuat gaun-gaun bagaikan kanvas yang memaparkan motif-motif flora dan unggas yang lugas dan dibuat simetri.
 
Rok-rok lebar bias-cut ada juga yang dipadankan dengan corset, elemen yang sedang sangat ini saat ini. Seri Asmaradana terinspirasi dari masa kebangkitan industri di Tiongkok tahun 1920-an.
 
Bagian kedua adalah seri Layar Sutera (Journey to The Past) yang menampilkan gaun-gaun yang lebih premium, dan gala. Pada bagian ini, Denny memaksimalkan imaginasinya, mendesain rancangan sama sedramatis motif Batik Kudus nya.
 
Garis pinggang sangat ketat, diimbangi dengan jubah-jubah Batik yang bermotif floral besar. Siluet bahu ada yang dibuat tegas dan dominan, memberi kesan kokoh dan extravaganza.
 
Di bagian ini motif Batik menjadi lebih mewah dengan tambahan hiasan embroidery besar dan ornamentasi beading gemerlap yang teksturnya memperkaya motif.
 
Layar Sutera ini terinspirasi dari kenangan kejayaan masa lalu di negeri Tiongkok, terrepresentasikan dengan keindahan motif-motif khas Tiongkok yang tertuang dalam helaian Batik Kudus.
 
Motif-motif tersebut adalah motif setiap flora dan fauna khas peranakan, seperti naga, phoenix, awan, burung Hong, kupu-kupu, ayam, bunga Krisan, Asteria, Lotus, dan Peonie. Rancangan dihiasi juga dengan perhiasan dari EPA Jewel, seperti cincin, gelang, anting-anting, dan kalung.

"Koleksi Sandyakala Smara ini saya persembahkan sebagai bentuk dedikasi untuk menggali lebih dalam lagi potensi-potensi yang ada pada motif Batik Kudus yang belum tereksplorasi, setelah sebelumnya hadir koleksi Pasar Malam, Padma, dan Wedari," ungkap Denny Wirawan. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut