get app
inews
Aa Read Next : 6 Hal Pemicu Masalah Kesuburan Organ Reproduksi, Apa Sajakah Itu?

Mitos Buah Parijoto Gunung Muria

Rabu, 26 Januari 2022 | 07:42 WIB
header img
Buah Parijoto memiliki khasiat dan mitos tersendiri bagi masyarakat Lereng Muria

​​​KUDUS, iNewsMuria.id - Parijoto di telinga masyarakat Lereng Muria sudah sangat akrab, bukan sekadar ngerti bentuk dan rasanya, namun berbagai mitos buah Parijoto dan khasiatnya telah dibuktikan oleh banyak orang.

Tanaman yang memiliki nama latin Mediilla Speciosa ini memiliki warna merah kejinggaan, dan memiliki bentuk bulat kecil-kecil.

Buah Parijoto ini  sangat mudah ditemukan di dataran tinggi Gunung Muria. Kalau Anda pernah mengunjungi makam Sunan Muria, disana banyak pedagang yang menjajakan Buah Parijoto ini. 

Lalu, bagaimana mitos buah Parijoto bagi masyarakat Lereng Muria?

1. Ditanam oleh Sunan Muria

Sebagian masyarakat Lereng Muria meyakini bahwasanya buah Parijoto adalah buah yang ditanam langsung oleh Sunan Muria. Sunan Muria sendiri merupakan salah satu anggota Wali Songo yang memiliki keahlian bidang seni dan pertanian. Karena memiliki keahlian di bidang pertanian inilah yang membuat masyarakat yakin, buah Parijoto merupakan hasil tanam beliau.

2. Tumpahan Rempah Kapal Dampo Awang

Terdapat satu kisah lagi tentang bagaimana Parijoto ini muncul di Gunung Muria berawal dari kapal Dampo Awang yang kandas, sehingga membuah seluruh isi kapal pun tumpah termasuk rempah-rempah yang dibawanya. Nah, disinilah kedapatan buah Parijoto yang kemudian oleh Sunan Muria pun menanam buah tersebut.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut