get app
inews
Aa Read Next : Bocah 2,8 Tahun Meninggal Setelah Tenggelam di Sungai Tersier Desa Harjowinangun, Godong

Bikin Sedih, Kebakaran Rumah Lansia di Grobogan Hanguskan Emas dan Uang

Selasa, 03 Oktober 2023 | 21:22 WIB
header img
Kebakaran rumah milik Suratmi di Desa Sumurgede, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Selasa (3/10/2023). Penyebabnya diduga korsleting listrik. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Kebakaran rumah milik Suratmi (60), warga Desa Sumurgede, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan terjadi pada Selasa (3/10/2023) sore. Kerugian diperkirakan mencapai Rp75 juta.

Peristiwa kebakaran itu menurut Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Godong Iptu Bambang Jumena, menyebabkan rumah lansia perempuan tersebut bersama harta benda hangus.

“Rumah, sertifikat tanah dan sawah, emas 15 gram, uang Rp2 juta, empat sepeda ontel, pesawat televisi, 1,5 ton gabah, 2 karung beras, dan perabot rumah tangga ludes terbakar. Kerugian mencapai Rp75 juta,” jelas Iptu Bambang Jumena.

Kebakaran rumah milik Suratmi, lanjut Kapolsek Godong, bermula ketika korban sore itu Pukul 15. 00  WIB sedang tidur di ruang tamu mendengar suara benda terbakar. Sehingga terbangun dan mencari sumber suara.

Ketika sampai di ruang tengah, sambung Iptu Bambang Jumena, korban terkejut ketika melihat saklar yang menempel di tiang kayu di ruangan itu sudah menyala. Bahkan api sudah membesar dan membakar dinding rumah.

Melihat ruang tengah rumahnya terbakar, korban langsung berlari ke luar rumah dan berteriak kebakaran serta meminta tolong ke warga. Saksi Hartono (43) tetangga korban yang mendengar teriakan korban langsung datang ke lokasi.

Saksi berupaya membantu memadamkan api yang sudah membakar rumah korban. Warga lainnya Tariah (50) dan Moh Roji (27) yang rumahnya bersebelahan juga ikut membantu memadamkan kebakaran di rumah Suratmi.

Warga lainnya yang mengetahui kejadian kebakaran juga berupaya membantu memadamkan api yang membakar rumah korban. Warga lainnya kemudian menginformasikan kejadian itu ke Kepala Desa Mrisi, Margono (47) yang rumahnya di Sumurgede.

Kemudian Margono segera melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Godong. Anggota Polsek Godong langsung menghubungi Pos Damkar Godong. Polisi dan petugas damkar yang datang ke lokasi berupaya memadamkan api.

Bahkan karena api sudah membesar, dua unit mobil damkar dari Pos Damkar Godong harus dibantu satu mobil damkar dari Pos Damkar Gubug. Namun karena rumah terbuat dari kayu api dengan cepat menghanguskan rumah milik Suratmi.

“Polisi setelah melakukan olah tempat kejadian perkara, penyebab kebakaran diduga korsleting listrik dari saklar di ruang tengah rumah korban,” kata Kapolsek Godong Iptu Bambang Jumena. 

Seringnya kejadian kebakaran rumah yang disebabkan korsleting listrik membuat Kapolsek Godong meminta warga waspada. Pihaknya juga mengimbau agar warga mengecek kembali inslatasi listrik di rumahnya. Jika sudah aus atau rusak segera ganti yang standar. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut