get app
inews
Aa Read Next : Atlet Karate Grobogan Targetkan 6 Medali Emas pada Ajang Popda 2024

Senangnya Warga Tepi Rel di Toroh Dibantu Air Bersih oleh PT KAI Daop 4 Semarang

Kamis, 07 September 2023 | 16:44 WIB
header img
Kepala PT KAI Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo bersama Kades Depok mengucurkan bantuan air bersih untuk warga Dusun Kemiri, Desa Depok, Kecamatan Toroh, Grobogan, Kamis (7/9/2023). (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Warga yang menanti dengan sabar di tepi rel KA Dusun Kemiri, Desa Depok, Kecamatan Toroh tersenyum bahagia ketika menerima bantuan air bersih dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang, Kamis (7/9/2023) siang.

Warga di Dusun Kemiri, Desa Depok merupakan salah satu dari 10 desa di tiga kecamatan, Grobogan yang menjadi sasaran bantuan 265.000 liter atau 53 tangki air bersih dari PT KAI Daop 4 Semarang melalui program Tanggun Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Senang, karena hari ini ada bantuan air bersih dari PT KAI. Sehingga saya tidak perlu mengambil air di sumur buatan (belik) di sungai yang jaraknya sekira 1 Km,” ujar Endang, salah satu warga Dusun Kemiri.

Menurut Endang, sudah lebih dari 3 bulan warga di Dusun Kemiri kesulitan mendapatkan air bersih. Jika yang mampu bisa membeli, namun bagi yang tidak memiliki dana cukup harus mengambil air di belik sungai. 

“Ya bisa bolak-balik 2-3 kali membawa jrigen air ke sungai, ditampung di tempat air yang ada di rumah. Lumayan capai juga, tapi buat kebutuhan harian,” tambahnya.

Kepala KAI Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo yang hadir langsung dalam penyerahan bantuan air tersebut mengatakan, bantuan di Kecamatan Toroh meliputi Desa Depok, Plosoharjo, Ngrandah, dan Desa Kenteng.

Bantuan air bersih di Dusun Kemiri, Depok tersebut disampaikan Kepala KAI Daop 4 Wisnu Pramudyo kepada Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan Suwignyo disaksikan Kades Depok, Budi Rahayu.

“Selain di Kecamatan Toroh, bantuan air bersih disalurkan untuk warga di Kecamatan Geyer meliputi Desa Asemrudung, Geyer, Monggot, Karanganyar, dan Desa Bangsri. Serta di Kecamatan Tanggungharjo yakni di Desa Tanggung,” jelas Wisnu.


Warga Dusun Kemiri, Desa Depok, Kecamatan Toroh, Grobogan mengambil air bantuan PT KAI Daop 4 Semarang, Kamis (7/9/2023). (Arif F)

BUMN Hadir Untuk Negeri

Menurut Wisnu bantuan air bersih di 10 desa yang berada di tiga kecamatan tersebut, sambung Wisnu Pramudyo, merupakan hasil kolaborasi antara PT KAI dengan Pemkab Grobogan dalam hal ini BPBD Kabupaten Grobogan.
 
"Ini wujud BUMN Hadir Untuk Negeri. KAI sebagai salah satu BUMN turut serta meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Semoga bantuan air bersih ini memberikan manfaat kepada masyarakat di Grobogan,” kata Wisnu.

Selain bantuan air bersih, TJSL KAI Daop 4 Semarang pada 2023 juga telah memberikan bantuan senilai Rp341 juta untuk penghijauan, pengembangan sarana ibadah dan bantuan sosial kemasyarakatan.

Penghijauan berupa penanaman sejuta pohon di Semarang, bantuan ke masjid dan musala di wilayah kerja PT KAI Daop 4 Semarang, satu unit ambulance untuk Layanan Umat Pengurus MWC NU Gunungpati Semarang, dan santunan anak yatim piatu di Kota Semarang.

"KAI melalui program TJSL akan konsisten memberikan manfaat di bidang lingkungan, sosial, dan ekonomi. Ini bentuk komitmen KAI mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang berdampak positif pada aspek sosial, lingkungan dan ekonomi,” ujar Wisnu. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut