get app
inews
Aa Read Next : Keuntungan PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan Pada 2023 Capai Rp 1,5 Miliar

Pipa Bahan Baku Air PDAM Grobogan Bocor, Aliran ke 17.000 Pelanggan Terganggu

Senin, 04 September 2023 | 17:28 WIB
header img
Pekerja sedang melakukan perbaikan pipa PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan yang bocor di Truwili, Toroh, Senin (4/9/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id- Pipa bahan baku air PDAM Purwa Tirta Dharma Kabupaten Grobogan mengalami kebocoran di daerah Truwili, Kecamatan Toroh, Grobogan. Akibatnya aliran air ke 17.000 pelanggan PDAM di Purwodadi dan Toroh terganggu.

Kabag Hubungan Langanan, PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan Eko Supriyanto ketika ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, pipa yang bocor berukuran 24 in. Pipa tersebut selama ini mengalirkan bahan baku dari Bendungan Sidorejo.

"Akibat kejadian tersebut, aliran air ke sekitar 15.000 pelanggan di Kota Purwodadi, kecuali Kuripan karena ada pengolahan dari Sungai Lusi, dan sekitar 2.000 pelanggan terganggu," jelas Eko, Senin (4/9/2023).

Penyebab bocornya pipa bahan baku air yang akan diolah dan disalurkan ke pelanggan tersebut, menurut Eko, karena usia pipa tersebut. Diperkirakan usia pipa dari Bendungan Sidorejo ke IPA depan Stadion Purwodadi sudah 20 tahun.

"Jadi penyebab kebocoran karena usia pipa, sudah 20 tahun sejak dipasang pertama kali hingga sekarang belum diganti," kata Eko Supriyanto.

Atas kejadian ini PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan kemudian segera melakukan perbaikan kebocoran tersebut dengan melakukan penggantian pipa. Menurut Eko, proses penggantian pipa yang bocor dilakukan pada Senin (4/9/2023).

"Proses penggantian pipa yang panjangnya sekitar 8 meter dengan ukuran 20 in dilaksanan hari ini sejak pukul 08.00 WIB. Untuk itu pasokan air dari Bendungan Sidorejo dihentikan," kata Eko

Dengan dihentikannya aliran atau pasokan bahan baku air dari Bendungan Sidorejo ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM depan Stadion Purwodadi, tambahnya, maka aliran air ke pelanggan di Kota Purwodadi dan Kecamatan Toroh akan terhenti.

Menurut Eko, sebelum pelaksanaan perbaikan atau penggantian pipa air yang bocor, pihak PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan sudah mensosialisasikan ke masyarakat. Serta mengumumkan rencana tersebut dengan keliling menggunakan mobil.

"Pengumuman keliling dilaksanakan 2-3 hari sebelum proses penggantian pipa, sehingga diharapkan pelanggan siap-siap untuk menampung air terlebih dahulu," ujarnya.

Pihak PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan juga meminta maaf atas ketidaknyamanan akibat gangguan pipa bocor. Serta proses pergantian pipa air yang bocor di Truwili pada Senin (4/9/2023). (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut