get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Siapa Pengganti Pejabat Sekda yang Akan Pensiun 1 September 2023, Ini Jawabannya

Rabu, 30 Agustus 2023 | 16:49 WIB
header img
Kepala DKPPD Grobogan Padma Saputra menjelaskan proses seleksi jabatan Sekda Grobogan, di DPRD Grobogan, Rabu (30/8/2023). (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Moh Sumarsono selaku pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Grobogan memasuki masa pensiun, saat ini Pemkab Grobogan sudah menggelar seleksi pengisian jabatan tersebut.

Untuk diketahui Moh Sumarsono selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) akan memasuki masa pensiun pada 1 September 2023. Sehingga saat itu harus sudah ada yang mengisi jabatan Sekda agar tidak terjadi kekosongan.

"Jika prosesnya selesai, insya Allah tanggal 1 September sudah ada pelantikan pejabat Sekda yang baru. Jadi tidak perlu Plt (Pelaksana tugas)," jelas Bupati Grobogan Sri Sumarni di DPRD Grobogan, Rabu (30/8/2023).

Menurut Bupati Sri Sumarni, untuk proses pengisian jabatan Sekda Grobogan dilaksanakan secara terbuka dimulai dengan pengumuman pendaftaran. Lalu proses seleksi dilakukan dengan menggandeng pihak ketiga dari perguruan tinggi.

"Asseesmen sudah dilaksanakan dengan bekerja sama pihak ketiga, yakni dari Undip (Universitas Diponegoro) Semarang dan UNS (Universitas Sebelas Maret) Solo," kata Bupati Grobogan.

Dari proses pendaftaran hingga seleksi dan konsultasikan serta diuji oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menurut Bupati sudah ada hasilnya. Jadi tinggal menunggu tanggal mainnya atau waktu pelantikannya saja.

"Sudah selesai prosesnya, suratnya sudah turun jadi bisa besok bisa juga pas tanggal 1 September 2023. Sehingga insyaa Allah tidak ada Plt, langsung pelantikan (pejabat Sekda)," tegas Bupati Sri Sumarni.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah atau BKPPD Grobogan, Padma Saputra mengatakan setelah menerima rekomendasi dari KASN dimuao seleksi jabatan Sekda dengan proses pendaftaran yang pada 18 Agustus 2023.

Saat itu, lanjut Padma, ada enam pelamar dan dalam prosesnya tinggal lima orang yakni Daru Wisakti Kepala Kesbangpol, Anang Armunanto Kepala DPKAD Grobogan, Sunanto Kepala Distan Grobogan, Endang Sulityoningsing Kalak BPBD Grobogan dan Kepala DP3AKB Indartiningsih.

Kelima peserta seleksi jabatan Sekda tersebut kemudian mengikuti assesmen di UNS Solo, setelah itu berikutnya peserta menulis makalah di Mal Pelayanan Publik karena pas hari itu ada karnaval HUT ke 78 Kemerdekaan RI.

"Makalah tersebut untuk wawancara oleh Pansel setelah itu ada tiga nama yang kemudian mengikuti diwawancara Gubernur Jateng, setelah itu di kirim ke KASN. Harapannya bisa selesai dan pas pak Sekda purna ada pelantikan pejabat Sekda yang baru," kata Padma. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut