get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

10 Rumah di Gubug Grobogan Ludes Terbakar, Penyebabnya Diduga Korsleting

Minggu, 13 Agustus 2023 | 17:57 WIB
header img
Polisi melakukan olah tempat perkara (TKP) kebakaran di Desa Tlogomulyo, Kecamatan Gubug, Grobogan, pada Minggu (13/8/2023). 10 rumah terbakar dalam kejadian tersebut. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Kebakaran terjadi di Desa Tlogomulyo, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Minggu (13/8/2023). Api melahap 10 rumah warga setempat dalam kebakaran yang terjadi sekira pukul 06.10 WIB.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Gubug AKP Pudji Hari menyebutkan kejadian kebakaran tersebut kali pertama diketahui oleh warga yang melihat  asap dan api dari rumah salah satu korban yang ditinggal bekerja. 

"Saksi yang kali pertama melihat adalah Catur Saputro (31) warga setempat. Saat itu saksi melihat ada kepulan asap dan api dari rumah Handoko (40)," kata Kapolsek Gubug AKP Pudji Hari.

Melihat api dari rumah Handoko yang saat itu ditinggal pemiliknya yang bekerja, lanjutnya, saksi Catur bersama saksi lainnya Cahyo Choirianto (32) mendekati rumah Handoko. Ketika benar ada kebakaran di rumah korban keduanya berteriak meminta tolong.

Warga pun berdatangan ke lokasi kebakaran dan berupaya memadamkan api yang membakar rumah Handoko. Namun karena rumah terbuat dari kayu, api dengan cepat membesar dan sulit untuk dikendalikan.

Bahkan karena di lokasi kejadian rumah warga jaraknya berdekatan, api dengan cepat merembet ke rumah sebelahnya. Bahkan tiupan angin menyebabkan api yang semakin membesar merembet dan membakar rumah lainnya.

Saat warga berupaya memadamkan, salah satu warga Moh Rosid (45) melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Gubug. Anggota Polsek yang menerima laporan langsung berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran pos Gubug.

Api yang semakin membesar tidak hanya membakar rumah Handoko dan tetangganya, namun terus merembet ke rumah warga lainnya. Karena rumah terbuat dari kayu maka api dengan cepat membakar 10 rumah milik warga.


Petugas pemadm kebakaran dibantu warga memadamkan api yang membakar rumah warga di Desa Tlogomulyo, Kecamatan Gubug, Grobogan Minggu (13/8/2023). (Istimewa)

 

Menurut Kapolsek Gubug AKP Pudji Hari, petugas pemadam kebakaran bersama anggota Polsek Gubug, anggota TNI dibantu warga sekitar kejadian harus bekerja keras untuk memadamkan api yang sudah membakar rumah warga.

"Setelah berjuang bersama TNI, Polri dan warga, api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 07.50 WIB," jelas Kapolsek Gubug.

Adapun 10 rumah warga yang terbakar berdasarkan pendataan petugas, menurut Kapolsek AKP Pudji Hari, adalah milik Handoko (40), Pajiem (64), Sucipto (45), Ngatemi (66), Andika (30), Wagiman (48). Rutinah (41), Ngatini (70), Saeroji (55), dan Sigit Hermawan (30).

"Untuk Sigit, rumahnya hanya 10 persen yang terbakar karena api berhasil dipadamkan sebelum membakar sebagian besar bangunan rumahnya," jelas Kapolsek Gubug.

Menurut Kapolsek AKP Pudji Hari, setelah api berhasil dipadamkan anggota Polsek Gubug bersama Tim Inafis Polres Grobogan melakukan olah tempat kejadian perkara. Dari lokasi kejadian ditemukan sisa kipas angin yang terbakar.

"Hasil olah TKP penyebab kebakaran diduga korsleting listrik dari salah satu rumah warga. Kerugian diperkirakan Rp300 juta, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," kata Kapolsek Gubug AKP Pudji Hari. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut