get app
inews
Aa Read Next : Gebyok Kudus, Wadah UMKM untuk Naik Kelas

Buka Kelas Perempuan, Tokopedia Dorong Kemajuan Digital UMKM Perempuan

Senin, 22 Mei 2023 | 18:42 WIB
header img
Kelas Perempuan Maju Digital yang digelar Tokopedia di Syariah Hotel Solo, Senin (22/5/2023).

SOLO,iNewsMuria.id-Berkolaborasi dengan mitra strategis, UPRINTIS dan Tim Penggerak PKK Jawa Tengah, Tokopedia mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital atau KPMD di Solo, Senin (22/5/2023).

Kali ini, KPMD Surakarta yang mengangkat tema “Dukung Perempuan Tangguh Makin Berdaya di Era Digital” itu  diikuti sekitar 160  UMKM lokal Surakarta dan sekitarnya secara luring di Syariah Hotel Solo.

“KPMD merupakan salah satu upaya Tokopedia dalam mendukung tumbuh-kembang UMKM lokal khususnya UMKM perempuan di seluruh Indonesia, termasuk Surakarta," kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan dalam sambutannya.

"Melalui KPMD, Tokopedia memberikan wadah untuk berbagi pengalaman mengenai peran, tantangan serta peluang yang dihadapi oleh UMKM perempuan dalam menghadapi proses digitalisasi.”

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah, Nawal Nur Arafah yang turut hadir dalam acara mengapresiasi dan mendukung upaya Tokopedia dalam mendorong kemajuan UMKM perempuan di Surakarta. Mengingat pentingnya peranan perempuan baik untuk mendukung perekonomian rumah tangga maupun mendukung perekonomian nasional.

"Semoga dengan mengikuti KPMD, para UMKM perempuan di Surakarta bisa naik kelas agar siap bersaing dan mampu memperluas pasar secara nasional," katanya.

Commissioner President UPRINTIS Indonesia, Novita Hardini menambahkan, Tokopedia dan UPRINTIS memiliki visi yang selaras untuk menciptakan kesempatan yang setara antar gender, khususnya bagi UMKM perempuan.

"Harapannya, agar UMKM perempuan termasuk di Surakarta bisa meningkatkan kemampuan berbisnis secara digital, mulai dari promosi, memperluas jaringan bisnis, hingga mengelola keuangan dengan baik,” terang Novita.

Sementara itu pemilik Usaha Onde Onde Njonja Moeda, Debby Natalia yang juga menjadi salah satu pembicara para KPMD Surakarta mengungkapkan bahwa di era teknologi ini, UMKM perempuan harus terus memperluas wawasan usaha agar bisa semakin mengembangkan usaha.

Ia mengatakan, saat memulai usaha, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk menentukan strategi bisnis yang tepat dan efektif.

"Seperti yang saya lakukan, dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia untuk semakin memperluas pasar demi  mengembangkan usaha. Harapannya lewat KPMD ini, pelaku usaha perempuan di Surakarta bisa semakin maju,” ucap Debby.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut