get app
inews
Aa Read Next : Tahun 2023, Kudus Mengalami 28 Serangan Siber, Ini Penjelasan Dinas Kominfo

BSI Gandeng BSSN, Tangani Dugaan Serangan Siber

Selasa, 16 Mei 2023 | 21:58 WIB
header img
Kepala BSSN Letjen TNI Purn. Hinsa Siburian dan Direktur Utama BSI Hery Gunardi berfoto bersama usai rapat penguatan sinergi terkait langkah langkah penanganan dugaan serangan siber, Selasa (16/5/2023)

JAKARTA,iNewsMuria.id-Direktur Utama BSI Hery Gunardi dan Kepala BSSN Hinsa Siburian bertemu di Kantor Pusat BSI di The Tower, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Kedua belah pihak, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Badan Sandi Siber Negara (BSSN) membahas penguatan sinergi dan koordinasi terkait langkah langkah penanganan dugaan serangan siber.

BSSN dan BSI juga sudah sepakat menyiapkan langkah-langkah bersama untuk meningkatkan keamanan dan ketahanan sistem BSI sekaligus menangani kelanjutan imbas dari gangguan IT pada sistem BSI pada Senin (8/5/2023). 

“BSSN telah melakukan komunikasi dan koordinasi kepada BSI terkait upaya pemulihan sistem berkenaan dengan gangguan yang dialami. Kami siap untuk terus berkolaborasi,” kata Juru Bicara BSSN Ariandi Putra.

Corporate Secretary BSI Gunawan A. Hartoyo mengatakan BSI terus melakukan langkah preventif penguatan sistem keamanan teknologi informasi terhadap potensi gangguan data, dengan peningkatan proteksi dan ketahanan sistem.

BSI juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk dengan BSSN, regulator di sektor jasa keuangan, serta dengan lembaga dan instasi lainnya. 

Bagi BSI, lanjutnya, kepentingan nasabah merupakan prioritas utama sehingga langkah pertama yang dilakukan oleh BSI saat mengalami gangguan sistem pada Senin (8/5/2023) adalah memastikan dana nasabah tetap berada dalam kondisi aman. 

Dia menjelaskan, gangguan yang sempat terjadi pada sistem BSI pada Senin pekan lalu, sudah diatasi secara bertahap. Kendala sudah selesai dipulihkan, dan nasabah dapat kembali melakukan transaksi keuangan dan pembayaran yang dibutuhkan. 

BSI juga melakukan asesmen terhadap serangan, melakukan pemulihan, audit, dan mitigasi agar gangguan serupa tidak terulang kembali.

“Kami berharap nasabah tetap tenang karena kami memastikan data dan dana nasabah aman, serta aman dalam bertransaksi. Kami juga bekerjasama dengan otoritas terkait dengan isu kebocoran data,” kata Gunawan.

BSI berkomitmen untuk terus memperkuat pertahanan dan keamanan siber perbankan, dan senantiasa mengimbau nasabah agar tetap waspada dan berhati-hati atas segala bentuk modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Syariah Indonesia.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut