get app
inews
Aa Read Next : Satgas Pangan Polri Dukung Program Percepatan LTT Dari Kementan di Jawa Tengah

Gandeng BSSN di Tes Akademik Seleksi Akpol, Polri Pastikan Tak Ada Peretasan dan Kecurangan

Minggu, 14 Juli 2024 | 22:01 WIB
header img
Petugas memastikan perangkat komputer yang digunakan dalam tes akademik seleksi Akpol aman dari peretasan (Humas)

SEMARANG, iNewsMuria.id - Polri menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menggelar Tes Akademik dan Asesmen Mental Ideologi tingkat pusat, dalam rangka Seleksi Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), pada Minggu 14 Juli 2024. 

Kedua tes ini berlangsung dari pagi hingga siang hari di Gedung D Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Pengawas dari BSSN, Saleh, menyatakan bahwa pelaksanaan Computer Assisted Testing (CAT) Akademik dipastikan aman dan tidak mengalami kendala dalam penggunaan perangkat untuk mengunggah soal. 

Saleh menjelaskan bahwa kehadiran pihak BSSN bertujuan untuk memastikan tidak ada upaya kecurangan dan peretasan menjelang tes berlangsung.

"Untuk yang dipastikan itu jaringan yang digunakan, kemudian ancaman malware atau file yang mungkin berbahaya di dalam komputernya. Kami pastikan hal-hal tersebut tidak ada di komputer yang akan digunakan," kata Saleh di lokasi tes.

Sebelum tes dimulai, pengawas memastikan bahwa kotak tempat penyimpanan hardware soal masih tersegel dan komputer server aman dari peretasan dan malware. 

"Kami sudah melakukan pengecekan perangkat yang akan digunakan untuk pengunggahan soal untuk CAT Akademik, dan dari hasil pengecekan diketahui perangkat bisa digunakan untuk proses pengunggahan soal," imbuhnya.

Pengawasan juga melibatkan pihak eksternal dari LSM Kelompok Pelayanan Sosial, Bastian Bagus Laksono. 

Bastian menegaskan bahwa indikasi kecurangan tidak mungkin dilakukan karena kotak berisi soal dijaga dengan tiga kunci yang aman. 

"Sejauh ini pengamanan sudah berjalan baik di mana dalam kotak itu ada tiga kunci: satu dari kami eksternal, satu dari pihak internal, dan satu dari sekretariat. Jadi, indikasi kecurangan tidak bisa," tegas Bastian.

Tahapan seleksi calon Taruna dan Taruni Akpol tahun anggaran 2024 tingkat panitia pusat ini sudah mencapai tahap Tes Akademik dan Asesmen Mental Ideologi. 

Sebanyak 492 calon Taruna dan Taruni Akpol melaksanakan tes di ruangan mereka, sedangkan para orangtua yang ingin melihat anaknya mengerjakan tes disiapkan tempat di lantai 3, Gedung TVKU, dan bisa menyaksikan CCTV di ruang tes.

Kolaborasi antara Polri dan BSSN dalam pelaksanaan tes ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam menjaga integritas dan keamanan proses seleksi. 

Dengan pengawasan yang ketat dan sistem pengamanan yang canggih, diharapkan seleksi ini dapat menghasilkan calon Taruna dan Taruni Akpol yang berkualitas dan berintegritas tinggi. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut