get app
inews
Aa Read Next : Kerja Sama Kemenhub dan Pemprov Sumut Pastikan Layanan Transportasi PON XXI Lancar

Kolam Renang Tirtomoyo Solo Jadi Venue Kompetisi Robot ASEAN

Jum'at, 05 Mei 2023 | 20:08 WIB
header img
Robot bikinan Sekolah Robot Indonesia yang disediakan bagi pengunjung/penonton kompetisi yang ingin mencoba di Kolam Renang Tirtomoyo Solo, 6-7 Mei 2023.

SOLO,iNewsMuria.id-Kota Solo menjadi tuan rumah kompetisi MATE ROV (robot bawah air) ke-4 tingkat ASEAN, Sabtu-Minggu, 6-7 Mei 2026.

Kompetisi robot ASEAN yang akan digelar di Kolam Renang Tirtomoyo, Manahan pada itu akan diikuti sejumlah tim robotika berbagai sekolah dan perguruan tinggi dari berbagai kota di Indonesia dan Singapura. 

“Ini kali pertama kompetisi robot bawah air diselenggarakan di luar Surabaya," ujar Dhadhang SBW, penanggung jawab kompetisi tingkat ASEAN, dalam siaran pers, Jumat (5/5/2023).

"Kami berharap peristiwa ini bisa memancing tumbuhnya minat pelajar dan mahasiswa di Solo dan sekitar untuk menekuni rekayasa robotika, khususnya robot bawah air,” jelasnya.

Menurut pendiri Sekolah Robot Indonesia, Surabaya itu, telah banyak bermunculan komunitas dan sekolah-sekolah peminat rekayasa robotika. Hanya saja, khusus untuk robot bawah air, peminatnya masih belum banyak.

Kompetisi tingkat lokal atau nasional, pun masih jarang. Bahkan, kompetisi robot bawah air baru tahun ini masuk dalam kalender Kontes Robot Indonesia yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kompetisi tahunan yang dinaungi organisasi nirlaba Marine AdvanceTechnology Education (MATE) berpusat di Amerika Serikat ini memperlombakan tiga kelas, yakni Scout (tingkat dasar/SD), Ranger (pelajar SD sampai SLTA) dan Explorer (mahasiswa).

Kompetisi tingkat dunia akan digelar pada akhir 22-24 Juni 2023 dan hanya akan diikuti oleh para juara hasil seleksi di 43 regional.

Berbeda dengan tiga kali kompetisi regional yang digelar di Surabaya, penyelenggaraan seleksi di Kota Solo tahun ini akan dimeriahkan dengan pameran produk remotely operated underwater vehicle (ROV) hasil rekayasa Sekolah Robotika Indonesia, Surabaya. Selain melihat dari dekat robot bawah air, para pengunjung juga akan diberi kesempatan untuk menjajal sebagai pilot.

“Kami akan menyediakan layar besar untuk menayangkan apa yang terjadi di bawah air tanpa harus mendekat kolam sebagai tempat kompetisi. Sehingga, selain menjajal secara langsung, pengunjung terutama pelajar dan mahasiswa bisa mengikuti proses lomba dari dekat,” ujar Blontank Poer, koordinator pelaksana penyelenggaraan kompetisi.

Untuk memperkenalkan dan memancing minat pengembangan robot bawah air, penyelenggara mengundang pelajar dan guru dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Kota Solo. Khusus undangan, disediakan waktu untuk mencoba pengoperasian robot pada hari Sabtu (6/5) dari pukul 09.00 - 12.00 WIB.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut