get app
inews
Aa Read Next : Ini Lokasi Salat Idul Fitri yang Diselenggarakan PD Muhammadiyah Grobogan Pada 10 April 2024

Lebaran 21 April 2023, Muhammadiyah Grobogan Minta Warga Jaga Kenyamanan

Rabu, 19 April 2023 | 17:49 WIB
header img
Ketua PD Muhammadiyah Grobogan menyampaikan penjelasan terkait Idul Fitri 1444 H di SMA Muhammadiyah Purwodadi, Rabu (19/4/2023). (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Pengurus Daerah Muhammadiyah Grobogan mengikuti keputusan PP Muhammadiyah yang memutuskan Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023. Untuk itu warga Muhammadiyah diminta tetap menjaga kenyamanan warga lainnya.

Menurut Ketua PD Muhammadiyah Grobogan Rosidi, Rabu (19/4/2023) hal ini perlu disampaikan, mengingat kemungkinan Lebaran tahun ini berbeda waktunya. Karena Pemerintah melalui Kementerian Agama baru melakukan sidang isbat pada Kamis (20/4/2023).

"Karena kemungkinan ada perbedaan waktu Lebarannya, jadi kami mengimbau warga Muhammadiyah atau masyarakat yang Lebaran 21 April 2023, untuk tetap menjaga kenyamanan dan tidak provokatif," jelas Rosidi.

Untuk itu, PD Muhammadiyah Grobogan meminta warganya untuk tidak menggelar takbir keliling. Jika hendak menggelar takbir disarankan Rosidi, cukup dilakukan di masjid atau musala dengan memperhatikan kenyamanan lingkungan.

"Mengingat mungkin malam itu masih ada saudara yang menjalankan salat tarawih sehingga takbir di masjid atau musala tidak menggunakan sound atas atau luar," kata Rosidi.

Dalam kesempatan itu Rosidi juga menyampaikan, PD Muhammadiyah telah menyiapkan tempat salat Idul Fitri 1444H di 19 lokasi yang tersebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Grobogan.

"Sebagian besar dilaksanakan di lapangan, namun ada juga yang digelar di masjid atau musala dengan mengingat jemaahnya," jelas Ketua PD Muhammadiyah Grobogan.

Untuk salat Idul Fitri di Kecamatan Purwodadi, menurut Rosidi, lokasinya berada di Taman Ir Soekarno Simpang Lima atau sebelah barat Taman Kuliner. Pihaknya sudah mendapatkan izin dari Pemkab Grobogan.

"Alhamdulillah diizinkan Pemkab Grobogan, PD Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Grobogan," ujar Rosidi.

Pihaknya juga meminta kepada panitia pelaksana dan warga Muhammadiyah yang melaksanakan salat Idul Fitri di masing-masing lokasi untuk menjaga kebersihan. Baik sebelum maupun sesudah salat Idul Fitri.

"Warga Muhammadiyah juga tetap menjaga kenyamanan, toleransi dan tidak berlebihan, karena masih ada saudara-saudara kita yang berpuasa pada Jumat 21 April 2023," tambah Rosidi.(*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut