get app
inews
Aa Read Next : Capres Ganjar Pranowo Sambangi Warga Terdampak Banjir di Grobogan

Mal Pelayanan Publik Di Jateng Terbanyak Di Indonesia, Ini Manfaatnya

Selasa, 21 Februari 2023 | 20:57 WIB
header img
Peresmian tujuh Mal Pelayanan Publik secara serentak di Sragen, Senin (2/2//2023).

SRAGEN,iNewsMuria.id-Menteri Pendayagunaan Aparat Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Sragen, Senin (20/02/2023).

Secara serentak ada tujuh MPP yang diresmikan. Yakni, Sragen, Demak, Pekalongan, Purbalingga, Semarang, Pemalang, dan Wonogiri. Dengan tambahan itu, kini ada 28 MPP di Jawa Tengah.

Keberadaan MPP untuk melayani kebutuhan masyarakat, mulai dari dokumen yang dibutuhkan setelah kelahiran hingga berkas kematian. Sistem dari dinas-dinas terkait juga terintegrasi menjadi satu dan saling berkolaborasi, untuk menciptakan pelayanan publik yang cepat serta tepat.

"Mal Pelayanan Publik yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah tidak hanya sekadar gedung saja," kata Ganjar dalam sambutannya.

"Diharapkan, nantinya melalui fasilitas MPP dapat tercipta pelayanan digital yang lebih mumpuni bagi masyarakat. Segala aktivitas administrasi yang berkaitan dengan data kependudukan dapat terselesaikan dengan mudah dan efisien."

Ganjar menegaskan, MPP adalah dalam salah satu instruksi Presiden Joko Widodo. Tujuannya, supaya proses pelayanan dan birokrasi di tingkat daerah bisa lebih maksimal. Melalui layanan satu pintu tersebut, kata Ganjar, pemerintah akan mengoptimalkan kinerja birokrasi dengan baik. 

"Oleh karenanya, tidak ada pungli dan suap, agar seluruh pelayanan publik dapat tersalurkan sebagaimana mestinya," pungkas ganjar.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut